Pohon Terbesar di Muka Bumi Terancam Mati

- Jumat, 17 September 2021 | 16:54 WIB
Pohon Jenderal Sherman adalah yang terbesar di muka bumi berdasarkan volume (1.487 meter kubik), menurut National Park Service. (Wikimedia Commons/Neal Parish (CC))
Pohon Jenderal Sherman adalah yang terbesar di muka bumi berdasarkan volume (1.487 meter kubik), menurut National Park Service. (Wikimedia Commons/Neal Parish (CC))

 

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Sebuah pohon yang diklaim terbesar di muka Bumi ini, sekarang sedang terbungkus selimut tahan api, lantaran kebakaran California makin mendekat.

Beragam upaya sedang dilakukan oleh pihak-pihak berwenang, untuk melindungi pohon bernama Jenderal Sherman itu. 

Segala antisipasi juga dilakukan untuk menjaga pohon raksasa lainnya dari kebakaran hutan yang mengancam Taman Nasional Sequoia, Amerika Serikat (AS).

Salah satu perlidungan utama pun telah diberikan petugas pemadam kebakaran, secara membungkus pangkal pohon terbesar di dunia dengan selimut tahan api.

Pembungkus aluminium dapat menahan panas yang intensif untuk waktu yang singkat. Pejabat federal mengatakan, mereka telah menggunakan bahan tersebut selama beberapa tahun di seluruh barat AS, untuk melindungi struktur sensitif dari api.

Rumah-rumah di dekat Danau Tahoe yang terbungkus bahan pelindung itu juga selamat, sementara yang lain tanpa perlidungan di dekatnya hancur.

Sejarah Pohon Terbesar Sedunia: Jenderal Sherman

Sebuah pohon yang diklaim terbesar di Bumi ini, sekarang sedang terbungkus selimut tahan api, lantaran kebakaran California makin mendekat. (Wikimedia Commons/Jim Bahn (CC))

Pohon Jenderal Sherman adalah yang terbesar di muka bumi berdasarkan volume (1.487 meter kubik), menurut National Park Service.

Tinggi Pohon Jenderal Sherman mencapai 84 meter dan memiliki diameter 31 meter di permukaan tanah.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Beruang Kutub Akan Punah 79 Tahun Lagi

Senin, 18 Oktober 2021 | 19:03 WIB

Putri Bill Gates Masuk Islam?

Minggu, 17 Oktober 2021 | 14:23 WIB

Apple Tutup Aplikasi Alquran di China, Kenapa?

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Masjid Diserang, 10 Orang Sedang Sholat Ashar Tewas

Kamis, 14 Oktober 2021 | 11:30 WIB

6 Drama Korea Romantis yang Cocok Ditonton saat Hujan

Senin, 11 Oktober 2021 | 15:28 WIB
X