Studi Israel Sebut Dosis Ketiga Vaksin Tingkatkan Imunitas 10 Kali Lipat

- Jumat, 17 September 2021 | 14:41 WIB
ilustrasi -- Studi terbaru yang dilakukan Israel, yang menyatakan dosis ketiga vaksin dapat meningkatkan perlindungan imunitas 10 kali lipat. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
ilustrasi -- Studi terbaru yang dilakukan Israel, yang menyatakan dosis ketiga vaksin dapat meningkatkan perlindungan imunitas 10 kali lipat. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Beberapa negara mulai memberlakukan pemberian dosis ketiga vaksin Covid-19 kepada warga negaranya.

Hal ini didukung oleh hasil studi terbaru yang dilakukan Israel, yang menyatakan bahwa osis ketiga vaksin Covid-19 ini dapat meningkatkan perlindungan imunitas sepuluh kali lipat terhadap infeksi.

Studi yang diterbitkan di New England Journal of Medicine itu menguji efektivitas osis ketiga vaksin Covid-19 di kalangan usia 60 tahun ke atas, yang menerima osis ketiga vaksin Covid-19 pada Agustus.

Baca Juga: Daftar 5 HP NFC Murah RAM 4GB 1 Jutaan Terbaru 2021

Perlindungan sepuluh kali lipat itu dibandingkan dengan mereka yang hanya menerima dua dosis pada setidaknya lima bulan lalu.

Dilansir dari Xinhua, studi dilakukan oleh tim peneliti multidisplin Kementerian Kesehatan Israel, yaitu Weizmann Institute of Science, Hebrew University of Jerusalem, Technion, Pusat Medis Sheba, dan Lembaga Peneliti KI.

Baca Juga: JADWAL PENCAIRAN BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 4, Ini Cara Cek Nama Penerima

"Data milik Israel mengindikasikan efikasi yang tinggi dari vaksin Pfizer dosis ketiga dalam mencegah infeksi dan penyakit parah Covid-19," demikian pernyataan kementerian dinukil Suara.com.

Israel mulai memvaksin populasi mereka dengan osis ketiga vaksin Covid-19 pada 1 Agustus, saat varian Delta menyebar di Israel dan keampuhan dua dosis vaksin pertama memudar. Hingga kini, hampir 3 juta orang Israel telah menerima vaksin ketiga.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apple Tutup Aplikasi Alquran di China, Kenapa?

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Masjid Diserang, 10 Orang Sedang Sholat Ashar Tewas

Kamis, 14 Oktober 2021 | 11:30 WIB

6 Drama Korea Romantis yang Cocok Ditonton saat Hujan

Senin, 11 Oktober 2021 | 15:28 WIB
X