Ganjil Genap Puncak Diberlakukan di Tiga Titik Masuk, Ini Lokasinya

- Jumat, 17 September 2021 | 13:09 WIB
Petugas gabungan saat melakukan pemeriksaan terhadap para pengendara di Simpang Gadog, Puncak, Kabupaten Bogor. (Ayobogor.com/Yogi Faisal)
Petugas gabungan saat melakukan pemeriksaan terhadap para pengendara di Simpang Gadog, Puncak, Kabupaten Bogor. (Ayobogor.com/Yogi Faisal)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Polres Bogor menerapkan skema baru untuk uji coba pekan ketiga ganjil genap di kawasan Puncak Kabupaten Bogor pada pekan ini.

Kapolres Bogor AKBP Harun mengatakan, ganjil genap akan diberlakukan di tiga titik masuk Puncak. Tiga rute tersebut yakni:

  1. Pintu Tol Sentul Selatan dengan akses Jalan Bukit Pelangi
  2. Pintu Tol Sumarecon dengan akses Jalan Cibanon
  3. Pintu Tol Ciawi dengan akses Jalan Gadog atau jalan utama yang kerap digunakan para pengendara menuju Puncak

Baca Juga: 2 Kelas SDN Otista Kota Bogor Tiba-tiba Ambruk, Diduga Ini Penyebabnya

Pihaknya akan memasang papan pemberitahuan di tiga pintu keluar Tol Jagorawi tersebut. Sehingga masyarakat yang hendak mengakses Jalur Puncak tidak hanya terkonsentrasi di Gadog.

"Nantinya di titik-titik itu juga akan kami lakukan pemeriksaan ganjil genap untuk menekan potensi volume kendaraan," ujarnya, dilaporkan Ayobogor.com.

Harun menambahkan, perpanjangan uji coba ganjil genap itu dilakukan demi mengurangi kepadatan arus lalu lintas di kawasan Puncak Kabupaten Bogor, sambil menunggu peraturan baku yang saat ini tengah dibahas Kementerian Perhubungan.

"Sambil menunggu produk hukum yang sedang dibahas Kementerian Perhubungan untuk kawasan Puncak Kabupaten Bogor, ganjil genap kembali akan kami lakukan pada pekan ini," tuturnya.

Status Jalan Raya Puncak yang berstatus jalan nasional, mengharuskan Pemkab Bogor menunggu aturan dari pemerintah pusat yang akan diberlakukan di kawasan Puncak.

Selain kebijakan tiga rute tadi, uji coba pemberlakuan sistem ganjilgenap pada akhir pekan ini sama seperti uji coba dua pekan sebelumnya, yakni mulai Jumat siang hingga Minggu tengah malam.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasus Narkotika Mendominasi Sidang di PN Cianjur

Selasa, 19 Oktober 2021 | 21:00 WIB
X