Jumat Hari Istimewa, Lakukan 7 Sunah agar Bergelimang Pahala

- Kamis, 16 September 2021 | 23:51 WIB
Umat muslim menggelar ibadah salat jumat di Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Umat muslim menggelar ibadah salat jumat di Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Jumat tergolong salah satu hari yang istimewa bagi umat Islam

Bahkan, dilansir laman NU Online beberapa tahun laluJumat adalah hari yang agung. Allah memuliakan umat Muhammad Saw dengan hari Jumat, yang tidak diberikan kepada umat-umat nabi terdahulu.

Mengapa Jumat menjadi hari istimewa? Ustaz M. Mubasysyarum Bih dalam NU Online (25 Juni 2019) menjelaskan, Jumat merupakan hari sangat spesial bagi umat Islam.

Dalam beberapa referensi disebutkan, Jumat merupakan hari paling utama dalam satu minggu dan malamnya merupakan malam paling utama setelah malam laitalul qadar. Pada hari itu Allah menciptakan Adam.

Pada hari itu pula Allah mempertemukan Adam dengan Hawa di Muzdalifah. Pertemuan inilah yang lantas menjadi dasar penamaan hari Jumat (yang berarti berkumpul).

Meningkatkan Ibadah Pada Hari Jumat

Karena Jumat menjadi hari istimewa dan spesial, maka sangat sayang bila umat Islam sampai melewatkannya begitu saja tanpa memperbanyak aktivitas positif atau sederet amalan ibadah bernilai pahala. Memang, yang namanya beramal kebajikan bisa dilakukan kapan saja dan pada hari apa saja, tapi khusus hari Jumat, alangkah lebih baiknya bila tiap muslim meningkatkannya, karena ada banyak keutaamaan di sana.

Mandi sebelum berangkat ke masjid untuk menunaikan shalat Jumat misalnya, juga termasuk amalan ibadah yang bagus dibiasakan. Ustaz M Mubasysyarum Bih dalam NU Online (25/06/2019) menjelaskan, mandi Jumat merupakan amaliah sunnah yang khusus dilakukan pada hari Jumat. Kesunnahan ini berlaku umum bagi siapa saja yang menghadiri shalat Jumat.

Ada sebuah hadis nabi yang bisa direnungi terkait mandi Jumat. Hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim ini dijelaskan Rizem Aizid dalam buku Aktivasi Mukjizat Hari Jumat (2019): “Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam mulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya, maka akan diampuni dosanya mulai Jumat ini sampai Jumat berikutnya”.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nama-nama Anak yang Dilarang dalam Islam

Selasa, 19 Oktober 2021 | 07:34 WIB

15 Kata Mutiara Maulid Nabi 2021 yang Menyentuh Hati

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 14:00 WIB

3 Kunci Sukses Hidup di Dunia Menurut Islam

Rabu, 13 Oktober 2021 | 17:00 WIB

Cara Melawan dan Melemahkan Iblis Sesuai Ajaran Islam

Senin, 11 Oktober 2021 | 12:38 WIB

7 Hadits Larangan Marah dalam Islam, Yuk Teladani!

Jumat, 8 Oktober 2021 | 16:38 WIB
X