Ganjil Genap Jalur Puncak Kembali Diberlakukan Pekan ini

- Kamis, 16 September 2021 | 12:36 WIB
Ganjil genap di tol Bandung sebabkan kemacetan. (Ayobandung.com/Gelar Aldi S)
Ganjil genap di tol Bandung sebabkan kemacetan. (Ayobandung.com/Gelar Aldi S)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Polres Bogor kembali memperpanjang pemberlakuan uji coba ganjil genap di kawasan Puncak.

Perpanjangan uji coba ganjil genap itu dilakukan demi mengurangi kepadatan arus lalulintas di kawasan Puncak Kabupaten Bogor, sambil menunggu peraturan baku yang saat ini tengah dibahas Kementerian Perhubungan.

Baca Juga: KARTU PRAKERJA GELOMBANG 21 DIBUKA, Cada Daftar dan Tips Lolos Dijamin Dapat Uang Rp 3,55 Juta

"Sambil menunggu produk hukum yang sedang dibahas Kementerian Perhubungan untuk kawasan Puncak Kabupaten Bogor, ganjil genap kembali akan kami lakukan pada pekan ini," kata Kapolres Bogor AKBP Harun, Kamis, 16 Seperti 2021.

Status Jalan Raya Puncak yang berstatus jalan nasional, mengharuskan Pemkab Bogor mesti menunggu aturan dari pemerintah pusat yang akan diberlakukan di kawasan Puncak Kabupaten Bogor.

Harun menjelaskan, uji coba pemberlakuan sistem ganjil-genap pada akhir pekan ini sama seperti uji coba dua pekan sebelumnya, yakni mulai Jumat siang hingga Minggu tengah malam.

Jumlah lokasi pemeriksaannya pun masih sama delapan titik. Yaitu Simpang Pasir Angin, pintu Tol Ciawi, Simpang Gadog, Rainbow Hills, pos penutupan arus Cibanon, pos penutupan arus Bendungan, dan dua lokasi di Kawasan Sentul.

Baca Juga: Alvin Faiz Tak Mau Jawab Soal Nafkah Anak, Malah Minta Didoakan

Rancang Peraturan Khusus Jalur Puncak Bogor

Terpisah, Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan, saat ini pihaknya masih merumuskan kebijakan apa yang tepat yang nantinya bisa diterapkan untuk menekan kemacetan lalulintas di kawasan Puncak Kabupaten Bogor.

"Kami sedang merancang peraturan perhubungan untuk di kawasan Puncak Kabupaten Bogor ini. Apakah nanti ganjil genap ini akan kami permanenkan atau seperti apa kedepannya. Kami akan coba kaji ini dengan pihak-pihak terkait," ujarnya.

Sejauh ini pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan sejumlah pihak terkait. Seperti pihak kepolisian dari Polres Bogor, Polresta Bogor Kota, Polres Cianjur, Polres Sukabumi, Polres Sukabumi Kota, hingga unsur lapisan masyarakat Puncak Kabupaten Bogor yang tergabung dalam Puncak Ngahiji.

"Dari hasil evaluasi ganjil genap dan komunikasi kami dengan berbagai pihak tadi. Hasil pembahasan ini nanti akan menjadi modal bagi kami dalam pembentukan aturan yang akan kami terapkan di kawasan Puncak Kabupaten Bogor ini," bebernya.

Berdasarkan hasil pengamatan dan laporan yang diterimanya, pada uji coba ganjil genap pekan kedua ini jumlah kendaraan yang menuju kawasan Puncak Kabupaten Bogor alami penurunan sebanyak 30 hingga 40 persen jika dibandingkan pekan lalu.

Baca Juga: 5 HP RAM 8 GB Murah Terbaik 2021, Ada Vivo hingga Samsung!

"Nantinya hasil evaluasi ganjil genap pekan pertama dan kedua ini akan jadi dasar untuk kami dalam menentukan kebijakan apa yang akan diterapkan untuk kawasan Puncak ini. Sampai saat ini kami masih merumuskannya. Makannya sambil menunggu hasilnya uji coba ganjil genap di Puncak kami lanjutkan," tutupnya.

Itulah informasi mengenai ganjil genap jalur Puncak Bogor yang kembali diberlakukan pekan ini. Semoga informasi ini bermanfaat.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X