Membangun Rumah Murah atau Sewa Rumah Murah Bukanlah Hal yang Sulit

- Selasa, 14 September 2021 | 17:42 WIB
Membangun Rumah Murah atau Sewa Rumah Murah Bukanlah Hal yang Sulit (Pixabay/Pexels)
Membangun Rumah Murah atau Sewa Rumah Murah Bukanlah Hal yang Sulit (Pixabay/Pexels)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Mengeluarkan anggaran untuk mendapatkan rumah murah merupakan idaman bagi sebagian besar orang. Selain mempertimbangan keuangan Anda juga harus mempertimbangkan ketersediaan lahan yang semakin sempit. Anda harus cermat mengeluarkan pendapatan untuk membangun rumah atau sekedar sewa.

tips bangun rumah murah 

Anda bisa menggunakan beberapa tips di bawah ini ketika ingin membangun rumah dengan hemat.

  1. Membuat rencana

Anda sebaiknya membuat rencana secara matang ketika ingin membangun rumah mulai dari luas, desain, material, tukang, dan lain-lain. Hal ini akan mencegah keterlambatan penyelesaian pembangunan dan kesalahan lain. Anda juga bisa merencanakan untuk membangun bertahap atau sekali jadi sesuai dengan pendapatan.

  1. Menentukan desain rumah

Dalam menentukan desain rumah tentu harus menyesuaikan luas lahan yang ada. Akan tetapi rumah dengan desain minimalis merupakan desain yang bisa menghemat anggaran. Anda bisa memilih desain sesuai keinginan atau mencari inspirasi di media online yang tentu saja bagus.

  1. Menentukan bentuk rumah

Selain desain rumah murah, bentuknya juga akan mempengaruhi biaya. Bentuk rumah seperti segitiga atau dengan sudut-sudut akan lebih lama pembangunannya daripada rumah segi empat. Tentu pembangunan akan bisa lebih lama sehingga Anda harus mengeluarkan biaya lebih terutama untuk tukang.

  1. Memilih material bangunan

Lakukan riset akan harga material bahan bangunan yang harganya bisa naik kapan saja. Perhatikan kualitasnya apakah sepadan dengan harganya dan sebaiknya datang langsung ke penjual. Anda bisa memilih material buatan dalam negeri yang berkualitas sehingga dapat membantu perekonomian di sekitar Anda.

  1. Memilih tukang

Pastikan Anda memilih tukang yang sudah berpengalaman dan profesional. Anda bisa mendiskusikan proses pembangunan dengan tukang. Dengan demikian proses pembangunan rumah akan berjalan lancar dan dapat selesai dengan tepat waktu. 

  1. Menggunakan jasa profesional

Jika Anda memiliki jadwal yang sangat padat, gunakan saja jasa arsitek yang akan mengurus semua prosesnya. Jasa arsitek akan membantu Anda dalam rincian biaya, memilih material, tukang, dan lain sebagainya. Namun, Anda harus mengeluarkan biaya untuk menggunakan jasa tersebut.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X