Bansos Covid-19 PKH Cair September 2021, Ini Cara Cek Nama Anda di Daftar Penerima

- Selasa, 14 September 2021 | 10:43 WIB
[Ilustrasi] bansos Covid-19 PKH cair September 2021? Namun bagaimana cara cek nama di daftar penerima PKH terbaru? (Pixabay/Mohamad Trilaksono)
[Ilustrasi] bansos Covid-19 PKH cair September 2021? Namun bagaimana cara cek nama di daftar penerima PKH terbaru? (Pixabay/Mohamad Trilaksono)

bansos Covid-19 PKH cair September 2021. Namun bagaimana cara cek nama di daftar penerima PKH terbaru?

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah melalui Kementerian Sosial menjaga kecepatan dalam pembaruan data penerima bansos Covid-19 PKH, sebulan sekali termasuk untuk pencairan September 2021. Pemerintah mencoba mempercepat proses pencairan dana bansos Covid-19 termasuk untuk bansos PKH September 2021 ini.

Terlebih, Menteri Sosial Tri Rismaharini mendapatkan banyak laporan tentang bantuan sosial yang kurang tepat sasaran, terkendala, atau tidak tersalurkan ke penerima manfaat bansos PKH.

Risma menyebut, pembaruan data kemiskinan merupakan tugas pemerintah daerah sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin.

Baca Juga: Lampu Menyala saat Tidur Malam Ternyata Berbahaya, Ini 5 Dampaknya!

Tugas dan kewenangan dalam verifikasi dan validasi data (verivali) oleh pemda diatur cukup jelas oleh UU No. 13/11. Merujuk pada pasal 8, 9, dan 10 UU No. 13/2011 disebutkan bahwa tahapan pemutakhiran data merupakan proses berjenjang yang ditugaskan kepada pemerintah kabupaten/kota.

Pada pasal 8 misalnya, disebutkan bahwa, verifikasi dan validasi sebagaimana dimaksud pada ayat (4) dilaksanakan oleh potensi dan sumber kesejahteraan sosial yang ada di kecamatan, kelurahan atau desa.

“Jadi memang Kementerian Sosial tidak melakukan pendataan langsung. Kementerian Sosial tugasnya menetapkan data yang proses pemutakhiran datanya dilakukan oleh daerah. Masalahnya, masih ada pemerintah kabupaten/kota yang kurang atau bahkan tidak aktif melaksanakan pemutakhiran,” kata Risma.

Baca Juga: Daftar Vaksin Bandung Update September 2021, Termasuk untuk Pelajar dan Ibu Hamil

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Mudah Tukar Kode Voucher Pelatihan Kartu Prakerja

Minggu, 26 September 2021 | 21:55 WIB

Aplikasi Pedulilindungi Mau Jadi Alat Pembayaran?

Minggu, 26 September 2021 | 16:46 WIB
X