Bahlil Lahadalia: Orang Daerah Jangan Hanya Jadi Objek Investasi

- Rabu, 8 September 2021 | 14:01 WIB
Menteri Investasi yang juga Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. (Tangkapan layar) (Ayobandung.com/Fira Nursyabani)
Menteri Investasi yang juga Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. (Tangkapan layar) (Ayobandung.com/Fira Nursyabani)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Menteri Investasi yang juga Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mendorong masyarakat daerah untuk tidak hanya sebagai objek kehadiran investasi. Menurutnya, warga Indonesia di daerah harus menjadi subjek dan objek pembangunan.

“Kalau investasinya di Maluku Utara, bukan orang Maluku Utara di Jakarta yang mainkan barang ini, tapi harus orang Maluku Utara yang ada di Maluku Utara, dengan syarat yang memenuhi kriteria, harus profesional, berpengalaman, dan etos kerjanya ada sehingga bisa menjaga kualitas,” ujar Bahlil, dalam Webinar Investasi, Nilai Tambah, dan Kesinambungan Pembangunan, Rabu, 8 September 2021.

Menurutnya, investasi antara asing dan dalam negeri saat ini sudah berimbang, begitu pula dengan investasi di dalam dan luar Pulau Jawa.

Hal itu karena syarat utama investor untuk mendapatkan insentif di Indonesia, adalah, harus berkolaborasi dengan pengusaha daerah.

Bahlil juga mendorong transformasi ekonomi yang digaungkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia menjelaskan, transformasi ekonomi yang menjadi indikator utamanya adalah bagaimana bisa memberikan nilai tambah dengan instrumen industriliasisasi.

“Kayu kita (di Papua) luar biasa, tapi tidak ada yang masuk 10 besar dunia untuk meubeul,” ungkapnya. Tak hanya kayu, Bahlil juga menyoroti emas dan ikan yang melimpah di Indonesia.

Baca Juga: Investasi Sokong Pertumbuhan Ekonomi di Jabar

Mengembangkan Nikel Indonesia

Bahlil mengatakan, dunia saat ini sudah mulai meninggalkan fosil untuk mengembangkan energi terbarukan. Indonesia bisa memanfaatkannya lewat nikel.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Daftar Vaksin Covid-19 Online dengan PeduliLindungi

Senin, 18 Oktober 2021 | 22:00 WIB

9 Daerah Turun Status ke PPKM Level 1, Ada Bandung?

Senin, 18 Oktober 2021 | 17:47 WIB

Resmi! PPKM Diperpanjang Lagi hingga 1 November 2021

Senin, 18 Oktober 2021 | 17:25 WIB

Kemenag Siap Selenggarakan Haji, Ini Syaratnya

Senin, 18 Oktober 2021 | 17:14 WIB
X