Sertifikat atau Kartu Vaksin Ternyata Bukan Syarat Administrasi Apapun? Ini Penjelasannya

- Selasa, 7 September 2021 | 17:20 WIB
Cara Daftar Vaksin Jabar Terbaru Lengkap September 2021, Ini Jadwal dan Lokasinya (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Cara Daftar Vaksin Jabar Terbaru Lengkap September 2021, Ini Jadwal dan Lokasinya (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Tagar batalkan kartu vaksin #batalkankartuvaksin trending di Twitter. Hingga Selasa 7 September 2021 pukul 17.00 WIB, ada 2.510 twit yang memakai tagar tersebut.

Lantas, apakah benar sertifikat vaksin Covid-19 bukan syarat administrasi untuk ke mal dan sebagainya?

Hal ini seiring beredarnya foto Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi yang menyebut bahwa sertifikat vaksin Covid-19 tidak menjadi syarat administrasi apapun.

Mengutip penjelasan cek fakta dari Rahmah an nissa (UIN Sunan Ampel Surabaya) yang dimuat di Turnbackhoax.id, pernyataan Siti Nadia Tarmizi tersebut adalah hoaks.

Berdasarkan hasil penelusuran, melansir dari Tim Cek Fakta Kompas.com, Nadia menegaskan bahwa narasi tersebut adalah hoaks. “Ini hoaks,” kata Siti Nadia dilansir pada Kompas.com, Selasa (3/8/2021).

Pernyataan tersebut, kata Siti Nadia pernah dilontarkan pada 29 Juni 2021 yang mengacu pada Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 12 Tahun 2021. Namun, saat itu peraturan PPKM Darurat belum berlaku dan sertifikat vaksin belum menjadi syarat perjalanan.

Adapun sejak keluarnya Instruksi Kementerian Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 15 tahun 2021 dan Surat Edaran Satgas Penangananan Covid-19 Nomor 16 Tahun 2021 tentang ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Covid-19, pelaku perjalanan diwajibkan menunjukkan bukti vaksin setidaknya dosis pertama.

Dalam kategori PPKM Level 4 dan Level 3 juga mewajibkan menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama bagi pelaku perjalanan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, konten tersebut masuk kategori Konten yang Salah.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

X