Penyaluran BLT BPJS Ketenagakerjaan Ditargetkan Selesai Bulan Depan

- Sabtu, 4 September 2021 | 13:41 WIB
Menaker Ida Fauziyah mengatakan, perusahaan yang mempekerjakan pekerjanya selama libur cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 1422 H 28 Oktober 2020 hingga 1 November 2020 harus memberikan upah lembur.  (Istimewa)
Menaker Ida Fauziyah mengatakan, perusahaan yang mempekerjakan pekerjanya selama libur cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 1422 H 28 Oktober 2020 hingga 1 November 2020 harus memberikan upah lembur.  (Istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- BLT BPJS Ketenagakerjaan masih dalam proses pencairan pada pekerja dan buruh. Bantuan tersebut ditargetkan selesai disalurkan pada bulan depan, Oktober 2021.

Target penyelesaian penyaluran BLT Ketenagakerjaan tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah saat meninjau pengaktifan rekening untuk penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) bagi pekerja di Kota Semarang, Jumat, 3 September 2021.

"Targetnya (penyaluran BLT BPJS Ketenagakerjaan atau BSU) selesai Oktober," kata Ida dilansir dari Republika.co.id.

Adapun Subsidi Upah (BSU) atau BLT BPJS Ketenagakerjaan tahap III sudah mulai dicairkan ke 1,5 juta karyawan. Lalu kapan pencairannya untuk bulan September?

Dilansir dari Tirto.id, Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Anwar Sanusi menjelaskan, sudah ada 3,75 juta data pekerja yang diproses untuk mendapatkan BLT BPJS Ketenagakerjaan.

Meski Kemenaker sudah memproses data 3,75 juta data pekerja yang akan diberikan subsidi, Anwar menjelaskan, BLT BPJS Ketenagakerjaan baru tersalurkan ke 2,1 juta pekerja.

“Ya (baru terealisasi 2,1 juta),” ujar Anwar, Senin, 30 Agustus 2021.

Baca Juga: Informasi Kartu Prakerja Gelombang 20 Terlengkap, dari Tips Lolos sampai Hal yang Tidak Boleh Dilakukan!

Adapun kendala penyaluran BLT BPJS

Ketenagakerjaan itu, misalnya pada penyaluran BLT BPJS Ketenagakerjaan tahap I dari 1.000.200 data yang diserahkan, diketahui jumlah pekerja yang menerima dana BSU berjumlah 947.669 pekerja.

Masih terdapat 42.153 pekerja dinyatakan tidak lolos verifikasi karena tercatat sebagai penerima Bantuan Sosial yang lain. Selain itu 10.378 lainnya dinyatakan gagal transfer yang disebabkan rekening pekerja yang berstatus dormant atau tidak valid.

Dari informasi tersebut, diperkirakan BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap III cair pada akhir bulan ini.

Kriteria Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan

Dilansir dari Ayojakarta.com, berikut rangkuman kriteria pekerja atau buruh yang berhak menerima BSU 2021:

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Pekerja atau buruh penerima upah

3. Terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan

Baca Juga: Soal Perceraian Kenang Mirdad, Sang Ayah Percayakan Hal Ini

4. Pekerja atau buruh calon penerima BSU atau BLT BPJS Ketenagakerjaan berada di Zona PPKM IV sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2021 jo Nomor 23 Tahun 2021 tentang pemberlakuan kegiatan masyarakat berbasis mikro dan mengoptimalkan posko penanganan Corona Virus Disease 2019 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran Corona Virus Disease 2019.

5. Peserta yang membayar iuran dengan besaran iuran yang dihitung berdasarkan upah di bawah Rp 3,5 juta sesuai upah terakhir yang dilaporkan pemberi kerja kepada BPJS Ketenagakerjaan

6. Pekerja atau buruh pada sektor yang terdampak PPKM, antara lain industri barang konsumsi, perdagangan dan jasa (kecuali jasa pendidikan dan kesehatan), transportasi, aneka industri, serta property dan real estate

Program BSU 2021 atau BLT BPJS sendiri akan menggunakan data dari BPJS Ketenagakerjaan untuk dijadikan dasar pemberian bantuan subsidi oleh pemerintah. Sebab data BPJS Ketenagakerjaan dinilai paling akurat dan lengkap untuk memenuhi syarat penerima bantuan yang tepat sasaran.

"BPJS Ketenagakerjaan dipilih sebagai sumber data, mengingat saat ini data BPJS Ketenagakerjaan dinilai paling akurat dan lengkap. Sehingga akuntabel dan valid dipergunakan oleh pemerintah sebagai dasar pemberian bantuan subsidi secara cepat dan tepat sasaran," ujar Ida.

Cara Mengecek BLT BPJS Ketenagakerjaan

Cara mengecek status BLT BPJS periode saat ini:

Baca Juga: Cara Lapor BLT BPJS Ketenagakerjaan yang Tak Kunjung Cair

1. Buka situs https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/

2. Pilih Menu Cek Status Calon Penerima BSU

3. Masukkan data berupa NIK, Nama lengkap sesuai KTP dan tanggal lahir.

4. Ceklist kode dan pilih Lanjutkan

5. Setelah itu akan keluar apakah pekerja tersebut lolos verivikasi dan validasi BPJS Ketenagakerjaan sebegai penerima BSU atau tidak.

Itulah cara mengecek apakah kamu terdaftar atau tidak dalam program BLT BPJS Ketenagakerjaan kali ini. Selamat mencoba.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tes PPPK Guru Tahap 2 Diundur?

Kamis, 2 Desember 2021 | 10:24 WIB
X