Pencurian Kabel Penerangan Jalan Umum Marak di Cianjur, Harga Tembaga Mahal Jadi Motif

- Kamis, 2 September 2021 | 18:23 WIB
[Ilustrasi] Pencurian kabel PJU (penerangan jalan umum) tengah jadi aksi yang marak terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Cianjur. (Pixabay/ PDPhotos )
[Ilustrasi] Pencurian kabel PJU (penerangan jalan umum) tengah jadi aksi yang marak terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Cianjur. (Pixabay/ PDPhotos )

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Pencurian kabel PJU (penerangan jalan umum) tengah jadi aksi yang marak terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Cianjur.

Pasalnya, harga tembaga yang sedang mahal di pasaran membuat para pencuri jadi tergoda melakukan kriminalitas.

Sasaran pelaku pencurian kabel PJU itu mengakibatkan sejumlah ruas jalan gelap gulita, lantaran puluhan lampu mati; dan rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur lantas bereaksi cepat dengan melakukan pergantian kabel PJU. Dikhawatirkan akan terjadi kecelakaan, karena minimnya penerangan jalan umum.

Kepala Seksi Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur, Nurman, menuturkan, aksi pencurian kabel lampu PJU itu terjadi di sejumlah ruas jalan di beberapa wilayah kecamatan, termasuk Cianjur kota, Cipanas, dan Karangtengah. 

"Sudah kita ketahui, kabel PJU yang dicuri itu diantaranya di Jalan Pangeran Hidayatullah, Jalan KH Abdullah bin Nuh, Raya Bandung (Sabandar), Jalan Raya Cianjur-Pacet, dan Jalan HOS Cokroaminoto," tutur Nurman pada wartawan, Kamis 2 September 2021.

Hasil temuan di lapangan, ungkap Nurman, para pelaku menjalankan aksinya dengan cara menggali kabel lampu PJU yang tertanam di ruas-ruas jalan tersebut.

"Diduga mereka menjalankan aksi pencurian pada malam hari atau menjelang subuh, di saat jalanan sepi,” katanya.

Ratusan meter kabel berhasil dibawa kawan pencuri tersebut. Mereka sebenarnya tidak mengincar kabelnya, melainkan bagian tembaga, mengingat harga tembaga saat ini sedang tinggi.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cianjur Kekurangan Ratusan Guru dan Nakes

Senin, 29 November 2021 | 19:35 WIB

4 Tuntutan Lengkap Demo Buruh di Gedung Sate

Senin, 29 November 2021 | 15:30 WIB

Ketua PWI Jabar Hadiri Konferensi Wilayah PWI Karawang

Sabtu, 27 November 2021 | 18:34 WIB

72 Kepala Sekolah SMP Cianjur Dirotasi

Jumat, 26 November 2021 | 12:29 WIB
X