Bayar Pajak Kendaraan di Samsat Subang Cukup Scan QRIS, Cepat dan Aman

- Rabu, 1 September 2021 | 17:50 WIB
Pembayaran pajak kendaraan di Samsat Subang dengan scan QRIS. (Istimewa)
Pembayaran pajak kendaraan di Samsat Subang dengan scan QRIS. (Istimewa)

SUBANG, AYOBANDUNG.COM -- Kantor Samsat Subang terus mengembangkan metode pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Salah satunya adalah pembayaran non tunai dengan menggunakan QRIS (quick response code Indonesian standard). Pembayaran non tunai lebih mudah, aman, dan efisien dibanding dengan pembayaran tunai.

QRIS merupakan sebuah aplikasi pembayaran yang dibuat oleh Bank Indonesia untuk mendukung gerakan transaksi non tunai dengan metode scan barcode atau kode batang.

Kepala Seksi Pendataan dan Penilaian pada Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Subang Ahmad Zayyidin Ansori mengatakan, metode pembayaran dengan menggunakan QRIS di Samsat Subang sudah dimulai sejak pekan ini. Penerapan pembayaran PKB menggunakan kode batang QRIS tersebut sebagai salah satu upaya pihaknya dalam memberikan alternatif lain bagi wajib pajak dalam bertransaksi.

"Penerapan QRIS di Kantor Samsat Subang ini sebagai dukungan kami terhadap kebijakan nasional untuk menggalakkan transaksi non tunai, juga memperbanyak pilihan bagi wajib pajak dalam melakukan pembayaran seluruh layanan di kantor Samsat," ujar Ahmad Zayyidin, Rabu, 1 September 2021.

Di zaman yang serba digital seperti sekarang, pembayaran non tunai menjadi hal yang lumrah. Bahkan, tidak sedikit orang yang tidak terbiasa membawa uang tunai. Dengan pembayaran menggunakan QRIS di Kantor Samsat Subang, bisa memberi fasilitas kepada masyarakat yang tidak terbiasa membawa uang tunai dalam bertransaksi.

Selain memberikan alternatif pembayaran, kata Ahmad Zayyidin, pembayaran non tunai juga lebih aman, mudah dan efisien dibanding dengan pembayaran dengan menggunakan uang tunai.

Uang tunai memiliki risiko hilang atau jatuh saat dibawa, bahkan berisiko juga dicuri orang ketika dalam perjalanan. Dengan transaksi non tunai, hal-hal seperti itu bisa diminimalisasi. Hal ini menjadikan pembayaran pajak di Kantor Samsat menggunakan QRIS menjadi lebih aman.

Di masa pandemi seperti sekarang, transaksi non tunai juga lebih aman karena mengurangi risiko pertukaran bakteri atau virus yang tertempel di uang.

Pembayaran pajak kendaraan di Samsat Subang dengan scan QRIS. (Istimewa)

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cianjur Kekurangan Ratusan Guru dan Nakes

Senin, 29 November 2021 | 19:35 WIB

4 Tuntutan Lengkap Demo Buruh di Gedung Sate

Senin, 29 November 2021 | 15:30 WIB

Ketua PWI Jabar Hadiri Konferensi Wilayah PWI Karawang

Sabtu, 27 November 2021 | 18:34 WIB

72 Kepala Sekolah SMP Cianjur Dirotasi

Jumat, 26 November 2021 | 12:29 WIB
X