Bingung Akta Kelahiran Hilang ? Lakukan Hal Ini Segera!

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 13:16 WIB
Layanan KTP-el di Disdukcapil Kota Bogor. (Ayobogor.com/Husnul Khatimah)
Layanan KTP-el di Disdukcapil Kota Bogor. (Ayobogor.com/Husnul Khatimah)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kamu kebingungan harus melakukan hal apa saat mengetahui akta kelahiran hilang ? Jangan cemas, kamu bisa segera mengurusnya ke Disdukcapil setempat.

Akta kelahiran merupakan dokumen penting yang selalu dipakai untuk mengurus berbagai keperluan birokrasi yang berkaitan dengan data kependudukan.

Sejak lahir, anak mempunyai hak-hak anak yang harus dipenuhi sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 36 Tahun 1990 Tentang Pengesahan Convention on The Rights of The Child (Konvensi Tentang Hak Anak). Salah satunya adalah hak untuk mendapatkan nama dan identitas berupa Akta Kelahiran.

Baca Juga: Soal Foto Mesra Arya Saloka dan Amanda Manopo, Manajer Ungkap Fakta Sebenarnya

Akta kelahiran menjadi persyaratan penting dalam pengurusan e-KTP, Kartu Keluarga atau KK, pendaftaran sekolah, pembuatan paspor, pengurusan asuransi, hingga pembuatan surat nikah. Maka itu dokumen ini harus dijaga baik-baik.

Bagaimana Jika Akta Kelahiran Hilang?

Dilansir dari indonesiabaik.id, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, mengurus akta kelahiran yang hilang tidak sulit dan tidak dipungut biaya. Pasalnya akta yang hilang dapat dicetak kembali.

Untuk mendapatkannya kembali, kamu tidak perlu khawatir jika sudah pindah rumah dari saat mengurus dulu. Akta kelahiran yang hilang diurus sesuai alamat KTP dan KK saat ini tanpa meminta surat pengantar dari RT/RW maupun kelurahan.

Baca Juga: Harga Emas Antam Bandung Anjlok Rp7.000 di Akhir Agustus

Pertama-tama, kamu harus membuat surat kehilangan dari kantor kepolisian. Apabila syarat yang dibutuhkan telah dalam genggaman, masyarakat dapat langsung menuju ke Dukcapil setempat.

Membuat Akta Kelahiran di Kota Bandung

Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), bekerja sama dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Dukcapil dan DPRD Kota Bandung menghadirkan pusat layanan dasar kependudukan warga di basement kantor DPRD Kota Bandung, Jalan Sukabumi nomor 30. Area pelayanan berbentuk semi-kafe tersebut dinamai 'Geulis' alias Gerai Untuk Layanan Istimewa.

Gerai pelayanan kependudukan di luar kantor kecamatan dan kantor Disdukcapil tersebut merupakan gerai keempat yang hadir di Kota Bandung. Sebelumnya gerai serupa juga telah beroperasi di sejumlah mal meliputi Festival City Link, BTC, dan Metro Indah Mall.

Kepala DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan mengatakan, Geulis di kantornya melayani 4 hal pelayanan dasar kependudukan. Dia menyebutkan, fasilitas tersebut hadir salah satunya agar pihaknya dapat lebih mudah melakukan advokasi terkait permasalahan kependudukan yang diadukan warga.

Baca Juga: Perhatian! Ini Kebiasaan Pemicu Diabetes hingga Buah untuk Diabetes

Hal yang dilayani ada perekaman dan pencetakan e-KTP, Kartu Identitas Anak, Akta Kelahiran dan Akta Kematian.

Itulah informasi tentang apa yang harus kamu lakukan jika akta kelahiran hilang. Jangan bingung ya.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X