Kemenkes Buka Suara soal Dugaan Kebocoran 1,3 Juta Data di Aplikasi eHAC Indonesia

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 12:10 WIB
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia buka suara soal dugaan 1,3 juta kebocoran data pengguna aplikasi eHAC Indonesia electronic Health Alert Card. (Google Play)
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia buka suara soal dugaan 1,3 juta kebocoran data pengguna aplikasi eHAC Indonesia electronic Health Alert Card. (Google Play)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kementerian Kesehatan Republik Indonesia buka suara soal dugaan 1,3 juta kebocoran data pengguna aplikasi eHAC Indonesia electronic Health Alert Card.

Disampaikan Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Anas Ma'ruf, dugaan kebocoran data ini terjadi di aplikasi eHAC Indonesia yang lama. Ia mengatakan aplikasi eHAC Indonesia tersebut sudah tak lagi digunakan sejak 2 Juli 2021.

Baca Juga: Penurun Kolesterol Alami dan Cepat, Ini 7 Buah untuk Kolesterol yang Mudah Ditemukan

"aplikasi eHAC Indonesia yang lama sudah tidak digunakan sejak 2 Juli 2021, sesuai dengan surat edaran dari Kemenkes nomor HK.02.01/MENKES/847/2021 tentang Digitalisasi Dokumen Kesehatan bagi Pengguna Transportasi Udara yang Terintegrasi dengan Aplikasi PeduliLindungi," tutur Anas dalam konferensi pers virtual dinukil Suara.com, Selasa (31/8/2021).

Anas memaparkan, sejak 2 juli 2021, Kemenkes sudah mulai menggunakan Aplikasi PeduliLindungi, di mana aplikasi eHAC Indonesia ini sudah terintegrasi dan berada di Aplikasi PeduliLindungi tersebut.

"Sistem yang ada di Aplikasi PeduliLindungi, dalam hal ini aplikasi eHAC Indonesia, berbeda dengan sistem yang lama," tambah Anas.

Baca Juga: Ciri-ciri Jantung Lemah, Perhatikan Pantangan, Makanan, hingga Buah untuk Jantung Lemah

"Jadi sekali lagi saya tegaskan, sistem yang ada di aplikasi eHAC Indonesia lama, itu berbeda dengan sistem aplikasi eHAC Indonesia yang tergabung di Aplikasi PeduliLindungi. Infrastrukturnya berbeda," kata Anas.

Anas mengaku, aplikasi eHAC Indonesia yang lama saat ini sudah tidak lagi digunakan sejak tanggal 2 Juli 2021. Saat ini, aplikasi eHAC Indonesia yang digunakan adalah yang berada di dalam Aplikasi PeduliLindungi.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akhirnya, Toilet SPBU Gratis!

Sabtu, 27 November 2021 | 12:30 WIB

20 Link Twibbon Hari Menanam Pohon Indonesia 2021

Jumat, 26 November 2021 | 20:08 WIB

Resmi, PPKM Level 3 Diterapkan di Semua Daerah

Rabu, 24 November 2021 | 20:28 WIB
X