Setelah Salat Witir, Bolehkah Melaksanakan Salat Sunnah Lainnya? Ini Penjelasan Uztaz Adi Hidayat

- Selasa, 28 Maret 2023 | 15:50 WIB
Ustaz Adi Hidayat
Ustaz Adi Hidayat

AYOBANDUNG.COM -- Salat Witir merupakan salat sunnah yang dikerjakan setelah salat Isya dan juga disebut sebagai penutup salat.

Di Indonesia saat bulan puasa Ramadhan memiliki tradisi setelah salat Tarawih dilanjut dengan salat Witir sebanyak tiga rakaat secara berjamaah.

Lalu apakah setelah melakukan salat Witir masih boleh melaksanakan salat sunnah lain seperti salat Tahajud saat tengah malam?

Hal ini terkadang jadi pertanyaan bagi segelintir umat Muslim di Indonesia.

Menurut Ustaz Adi Hidayat dalam ceramahnya, ada dua versi pendapat ulama mengenai hal tersebut.

Baca Juga: Sekolah Kedinasan 2023 Buka Pendaftaran, Dijamin Lulus Langsung jadi PNS, Cek Selengkapnya di Sini

“Yang pertama disimpulkan bahwa karena witir menutup ya sudah kalau sudah ditutup tidak ada salat lagi”, ucap Ustadz Adi Hidayat dikutip AyoBandung.com melalui YouTube QoltumTV, Selasa (28/3/2023).

Dalam hadist Rasullah SAW juga disebutkan seperti berikut:

"Jadikan salatmu yang paling akhir di waktu malam berupa shalat witir," (HR Bukhari no. 998 & Muslim no. 751).

Dalam pendapat ulama yang pertama, UAH mencontohkan dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang melanjutkan salat Witir setelah salat Tarawih.

Jika melakukan kebiasaan seperti itu, maka setelahnya tidak dianjurkan untuk salat sunnah lain lain, karena seluruh salat pada hari itu sudah ditutup.

Baca Juga: Rombongan Jemaah Umrah Kecelakaan di Arab, 20 Orang Tewas dan Puluhan Lainnya Terluka, Bus Hancur Terbakar

Kemudian pendapat ulama yang kedua, UAH menerangkan bahwa setelah melakukan salat Witir diperbolehkan untuk melaksanakan salat lain.

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa melaksanakan shalat 13 raka’at (dalam semalam). Beliau melaksanakan shalat 8 raka’at kemudian beliau berwitir (dengan 1 raka’at). Kemudian setelah berwitir, beliau melaksanakan shalat dua raka’at sambil duduk. Jika ingin melakukan ruku’, beliau berdiri dari ruku’nya dan beliau membungkukkan badan untuk ruku’. Setelah itu di antara waktu adzan shubuh dan iqomahnya, beliau melakukan shalat dua raka’at.” (HR. Muslim no. 738)

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Sumber: YouTube QoltumTV

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Doa Lulus UTBK SNBT 2023, Amalkan Sekarang

Senin, 22 Mei 2023 | 23:52 WIB
X