Puan Maharani Coret Ridwan Kamil dari Bakal Cawapres Ganjar Pranowo, Kandidat Ini Disebut Berpeluang Besar

- Selasa, 19 September 2023 | 05:29 WIB
Bukan Ridwan Kamil atau AHY, Puan Maharani umumkan kandidat potensial untuk dampingi Ganjar Pranowo. (Instagram @ketua_dprri)
Bukan Ridwan Kamil atau AHY, Puan Maharani umumkan kandidat potensial untuk dampingi Ganjar Pranowo. (Instagram @ketua_dprri)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM - Seiring berjalannya waktu menuju Pilpres 2024, politik Indonesia semakin intens dan menarik perhatian. Salah satu aspek yang jadi sorotan dalam kontestasi Pilpres 2024 adalah pemilihan calon wakil presiden termasuk cawapres Ganjar Pranowo.

Di tengah perbincangan yang semakin sengit, bursa nama cawapres untuk Ganjar Pranowo semakin mengerucut pada beberapa kandidat potensial. Hal ini diungkap langsung Ketua DPP PDIP, Puan Maharani.

Menurutnya nama Ridwan Kamil dan Agus Harimurti Yudhoyono tidak mungkin menjadi bakal cawapres Ganjar. Opsi lain yang menyeruak yaitu 4 nama yang sudah sering didengar masyarakat karena memiliki elektabilitas yang tinggi.

Baca Juga: Ridwan Kamil dan AHY Tereliminasi dari Bakal Cawapres Ganjar Pranowo, Puan Maharani Ungkap 4 Kandidat Ini

Menurut Puan Maharani, bursa nama cawapres untuk Ganjar Pranowo mengalami pengurangan yang signifikan dalam beberapa waktu terakhir. Hal ini disebabkan oleh eliminasi beberapa nama yang awalnya dianggap berpotensi menjadi cawapres untuk Ganjar Pranowo.

Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Ketum Partai Demokrat AHY telah tereliminasi dari daftar. Eliminasi RK terjadi karena Partai Golkar secara resmi telah mendukung Prabowo Subianto dalam pemilihan presiden.

Demikian pula, AHY dari Partai Demokrat telah kehilangan peluangnya sebagai cawapres untuk Ganjar Pranowo karena partainya telah memutuskan untuk bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju yang didukung oleh Prabowo Subianto.

Puan Maharani menekankan jika sebelumnya akan memunculkan namanya AHY, namun karena Partai Demokrat sudah memutuskan untuk pindah haluan dengan mendukung Prabowo Subianto, tentu saja kemungkinan tersebut tidak akan terjadi. Kepada awak media, Puan Maharani memberikan nama-nama yang sudah masuk dalam daftar calon presiden Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Peluang Ridwan Kamil sebagai Pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 Sudah Tertutup

“Ya kan masih seperti nama-nama yang ada, ada Erick Thohir, Sandiaga Uno, Andhika, Mahfud MD,” ucapnya seperti dikutip dari kanal YouTube Official iNews yang diakses pada Selasa 19 September 2023.

Meski begitu tokoh dari Nahdlatul Ulama (NU) yang juga menjabat sebagai Menko Polhukam, Mahfud MD disebut sebagai kandidat dengan peluang yang lebih besar dibanding tokoh lainnya.

"Mungkin Pak Mahfud MD salah satunya," imbuh puan.

Dengan disebutkan nama-nama yang potensial oleh Puan Maharani, menunjukkan bahwa masih ada variasi dalam opsi yang dipertimbangkan oleh partai-partai yang terlibat dalam pemilihan presiden.

Baca Juga: Ternyata Ganjar Pranowo Sudah Memiliki Kedekatan dengan Ridwan Kamil! Fix jadi Pasangan di Pilpres 2024?

Meskipun bursa nama cawapres untuk Ganjar Pranowo mengalami pengecilan, Puan Maharani menyatakan bahwa keputusan langkah PDIP dan partai koalisi dalam memilih cawapres Ganjar Pranowo akan diumumkan secepatnya.

Halaman:

Editor: Miftah Salis Hidayah

Sumber: YouTube Official iNews

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X