Eko Yuli, Harumkan Nama Indonesia dengan 4 Medali dari 4 Olimpiade

- Senin, 26 Juli 2021 | 09:20 WIB
Eko Yuli
Eko Yuli

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Lifter Indonesia, Eko Yuli Irawan kembali menyabet medali di Olimpiade Tokyo 2020. Eko tampil di kelas 61 kg putra, ia berhasil mencatatkan total angkatan 302 di Tokyo International Forum, Minggu, 25 Juli 2021.

Dari total angkatan 302 kg itu, ia pun mengamankan medali perak dengan rincian snatch 137 kg dan 165 kg angkatan clean and jerk. Medali emas direbut oleh Li Fabet, lifter China dengan total 313 kg dan medali perunggu diraih oleh lifter Kazakhstan Son Igor dengan total 294 kg.

Walau hanya di podium kedua dengan medali perak, tapi faktanya Eko mencatatkan prestasi tersendiri bagi Eko dalam mengharumkan nama Indonesia. Bagaimana tidak, Eko menjadi satu-satunya atlet yang konsisten dalam menyumbang medali bagi Indonesia, dari empat gelaran Olimpiade yang diikutinya sejak memulai debutnya di pentas Olimpiade di Beijing pada tahun 2008.

Lifter asal Lampung itu berhasil meraih medali perunggu di Olimpiade Beijing 2008. Kala itu, ia bersaing di kelas 56 kg dan berhasil menempati peringkat ketiga setelah Long Qingquan (China) dan Hoang Anh Tuan dari Vietnam.

Empat tahun berselang, prestasi meraih medali itu berhasil dipertahankan oleh Eko ketika berlomba di kelas 62 kg di Olimpiade London 2012. Kala itu ia menjadi satu-satunya penyumbang medali perunggu untuk Indonesia. Di kelas lain, Indonesia juga meraih medali perak berkat sumbangsih dua lifter yaitu Triyatno dan Citra Febrianti.

Berpartisipasi di Olimpiade Rio 2016, Eko Yuli meraih prestasi lebih baik. Pria 31 tahun itu menyumbang medali perak bagi Merah Putih untuk pertama kalinya sepanjang berlaga di ajang Olimpiade.

Torehan selalu meraih medali kembali dipertahankan oleh Eko di Olimpiade Tokyo 2020. Eko yang berambisi untuk menuntaskan misi meraih medali emas di cabang olahraga angkat besi ini harus puas pulang ke tanah air dengan perolehan medali perak.

"Medali perak ini saya persembahkan untuk seluruh masyarakat Indonesia dan keluarga," ujar Eko dikutip dari kemenpora.go.id.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Jelang Detik-detik Lawan Jojo, Anders Antonsen Mundur!

Jumat, 26 November 2021 | 13:42 WIB
X