Markis Kido Dinilai Layak Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan

- Selasa, 15 Juni 2021 | 11:00 WIB
Markis Kido, mantan pebulu tangkis Indonesia.
Markis Kido, mantan pebulu tangkis Indonesia.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM — Markis Kido dianggap layak dimakamkan di Taman makam pahlawan. Sebab segudang prestasi yang diberikan olehnya untuk Indonesia.

Pernytaan itu diungkapkan Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) Pusat yang merasakan duka cita yang mendalam atas kepergian salah satu legenda bulutangkis Indonesia tersebut.

Kido meninggal pada Senin malam (14 Juni 2021) saat sedang bermain bulu tangkis di GOR Petrolin Alam Sutera BSD Tangerang.

"Ini merupakan duka dan kehilangan yang bukan hanya dirasakan masyarakat bulutangkis dan insan olahraga tanah air, tetapi juga banga Indonesia," ujar Ketua SIWO PWI Pusat AAGWA Ariwangsa dalam pernyataan resmi yang diterima Ayojakarta, Selasa 15 Juni 2021.

Kido merupakah pahlawan besar bulutangkis Indonesia. Bersama Hendra Setiawan, dia telah berulang kali mengibarkan sang Merah Putih dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya di berbagai event internasional. 

Sang juara dunia, peraih emas Asian Games dan Olimpiade, membuat Kido menjadi bintang ganda putra dengan gelar yang lengkap. 

Atas apresiasinya tersebut, SIWO PWI Pusat pernah menganugerahi penghargaan sebagai atlet terbaik kepada Markis-Hendra. Atas jasa dan pengorbanannya yang luar biasa, kata Ariwangsa, pantas jika Kido menjadi taulan bukan hanya bagi para pemain bulutangkis, namun juga olahragawan, serta masyarakat umum. 

"Untuk itu, rasanya layak bila Markis Kido mendapatkan penghormatan untuk bisa dimakamkan di TMP Kalibata sebagai pahlawan olahraga Indonesia," katanya.

SIWO PWI Pusat berharap, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat selaku penanggung jawab olahraga prestasi tertinggi, serta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebagai pemangku kebijakan bisa mengusahakan agar Markis bisa dimakamkan di TMP Kalibata

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

X