Shin Tae-yong Kecewa dan Kesal Uji Coba Timnas Sempat Dilarang

- Sabtu, 6 Maret 2021 | 13:45 WIB
Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia (U-22) itu, Shin Tae-yong, yang berasal dari Korea Selatan.
Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia (U-22) itu, Shin Tae-yong, yang berasal dari Korea Selatan.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM — Meski Shin Tae-yong sempat kecewa, namun pada akhirnya PSSI mampu memberikan respons dengan ikhtiar baik, untuk membuat laga uji coba terealisasi. Laga Persikabo pun diumumkan telah mendapat izin dari Polri untuk bertanding di Stadion Madya, Senayan, Jumat (5/3/2021) kemarin malam WIB. Lalu uji coba kedua digelar Minggu (7/3/2021) dengan menghadapi Bali United, juga di Stadion Madya.

Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia (U-22) itu, sebelumnya disebutkan telah menyampaikan rasa kecewanya pada PSSI. Beruntung, kini permasalahannya sudah teratasi.  

“Pelatih memang sempat menggerutu. Lalu saya bilang untuk sabar karena saya akan mengurusnya," ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dalam pertemuan virtual yang diikuti di Jakarta, Jumat (5/3/2021).

Alasan kekecewaan Shin, kata Iriawan, karena sang pelatih menganggap pertandingan uji coba itu sangat penting. Sang juru taktik asal Korea Selatan itu sudah menyusun sedemikian rupa program tim nasional sebagai persiapan menuju SEA Games 2021, termasuk menjadwalkan uji coba.

Bagi Shin, pertandingan uji coba harus ada setelah para pemain menjalani latihan dengan intensitas tinggi sejak 9 Februari 2021.

"Dia mungkin kesal, bagaimana mau bisa mencapai target medali emas sementara bertanding saja susah," kata Iriawan.

Meski demikian, PSSI memastikan persoalan uji coba tersebut tidak sampai membuat Shin Tae-yong berpikir untuk hengkang dari Indonesia. Iwan Bule, sapaan akrab Iriawan, juga memastikan Shin masih melatih timnas Indonesia sesuai kontrak.

"Dia tidak akan hengkang. Kan, tidak ada juga dalam kontrak soal izin uji coba," tutur pria yang akrab disapa Iwan Bule ini.

Iwan Bule mengatakan para pemain timnas ini akan segera dikembali ke klub masing-masing setelah menjalani uji coba timnas U-22. “Mereka akan kami kembalikan ke klub masing-masing untuk mengikuti Piala Menpora yang akan dimulai pada tanggal 21 Maret,'' katanya.

Setelah Piala Menpora, timnas akan kembali berkumpul untuk melakukan pemusatan latihan di Jakarta. Namun, untuk tanggal pastinya akan menunggu keputusan Shin Tae-yong. Uji coba ini juga merupakan roadmap Shin Tae-yong untuk menuju SEA Games 2021 yang akan digelar di Vietnam November 2021.

 Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya resmi mendapatkan izin dari pihak kepolisian untuk menggelar laga uji coba Timnas U-22 melawan Tira Persikabo dan Bali United.

Laga pertama, melawan Tira Persikabo akan digelar di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (5/3) malam WIB. Uji coba yang menjadi persiapan menjelang SEA Games 2021 sebelumnya sempat gagal digelar karena belum mendapatkan izin.

"Alhamdulillah izin dari Mabes Polri sudah keluar pagi ini. Dengan demikian uji coba akan dilaksanakan malam ini," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam pernyataan resminya, Jumat (5/3).

"Tentu laga akan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat dan tanpa penonton. Hanya 272 orang yang boleh berada di dalam lapangan dan area luar sekitar stadion, termasuk pihak keamanan," tambahnya.

Setelah uji coba pertama ini, Timnas Indonesia akan kembali melakukan uji coba kedua pada Ahad (7/3) melawan Bali United juga di Stadion Madya. Laga kedua ini akan berlangsung pukul 20.00 WIB. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Atlet Dayung Purwakarta Raih Medali Emas PON Papua 2021

Selasa, 28 September 2021 | 15:28 WIB

Hasil Piala Sudirman 2021: Sumbang Poin di Laga Penutup

Senin, 27 September 2021 | 15:00 WIB

Richard Mainaky Tak Mau Ganda Campuran Terpuruk Lagi

Senin, 13 September 2021 | 12:29 WIB

4 Pebulutangkis Absen di Simulasi Piala Beregu PBSI

Selasa, 7 September 2021 | 10:35 WIB
X