Herry IP Akui Lee/Wang Berbahaya untuk Ganda Putra Indonesia

- Rabu, 3 Maret 2021 | 13:27 WIB
ilustrasi -- sejumlah anak mengikuti Audisi Umum Beasiswa Bulu Tangkis 2019 PB Djarum di GOR Satria Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (8/9/2019).
ilustrasi -- sejumlah anak mengikuti Audisi Umum Beasiswa Bulu Tangkis 2019 PB Djarum di GOR Satria Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (8/9/2019).

JAAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Kepala Pelatih Ganda Putra PP PBSI, Herry Iman Pierngadi, angkat bicara soal peta kekuatan ganda putra bulu tangkis dunia saat ini. Dia mengatakan, peta kekuatan ganda putra kembali ke Asia.

Pasalnya, Herry sempat bercerita bahwa beberapa tahun lalu, peta persaingan ganda putra cukup merata di seluruh dunia. Dia menyebut, Denmark dan Rusia turut menjadi negara dengan ganda putra cukup kuat beberapa tahun lalu.

“Kalau dulu kekuatan ganda Denmark juga pengaruh. Eropa dulu ada Rusia juga. Setelah Thailand Open lalu, sedikit bergeser kekuatannya. Jadi peta kekuatannya baliknya ke Asia. Saya pribadi lebih banyak (perhatian) ke Jepang, Taipei, Korea, dan Malaysia,” ungkap Herry IP dalam obrolannya bersama media, Rabu, (3/3/2021).

Bukan tanpa alasan, Herry memberikan pernyataan tersebut setelah melihat ganda putra asal Chinese Taipei, Lee Yang/Wang Chi-Lin pada turnamen leg Asia yang diselenggarakan di Bangkok Thailand pada Januari lalu. Tidak tanggung-tanggung, Lee/Wang berhasil mengantongi tiga gelar di tiga turnamen di Bangkok sekaligus.

Hal ini tentu menjadi perhatian tersendiri bagi Herry IP yang mengaku kaget melihat pencapaian pasangan yang dijuluki duo kuda itu. Bahkan, dia sudah menyadari perubahan permainan dari Lee/Wang sejak hari pertama mereka bermain.

“Jujur kaget Lee/Wang bisa Hattrick. Saya kaget ini tenaga, powernya, dengan bola yang begitu berat. ‘wah ini bahaya, mesti dijaga’. Jujur mereka naiknya banyak banget kemarin, dengan beberapa bulan tidak bertanding,” ujarnya.

Herry juga membandingkan performa Lee/Wang dahulu dengan performanya pada saat bertanding di Thailand. Bahkan, dia harus menyiapkan teknik bermain khusus jika nanti anak didiknya bertemu dengan mereka.

“Kalau dulu tiga hingga empat pukulan mati, kalau sekarang tidak. Jadi kita harus full membunuh mereka,” katanya.

Herry tidak menampik dengan naiknya performa dari pasangan Taipei itu, dapat mengganggu dominasi ganda putra Indonesia di kancah dunia. “Kita ketambah lagi musuhnya. Saya akui menang 3 turnamen itu tidak gampang. Saya rasa pemain Jepang belum tentu bisa lewati dia (Lee/Wang),” ungkapnya.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Jelang Detik-detik Lawan Jojo, Anders Antonsen Mundur!

Jumat, 26 November 2021 | 13:42 WIB
X