Atlet Iran Berstatus pengungsi bakal Tampil di Olimpiade Tokyo

- Rabu, 3 Maret 2021 | 09:22 WIB
Kimia Alizadeh sempat mengatakan sebelumnya, alasan ia keluar dari Iran ialah karena tak tahan dimanfaatkan sebagai alat propaganda negaranya.
Kimia Alizadeh sempat mengatakan sebelumnya, alasan ia keluar dari Iran ialah karena tak tahan dimanfaatkan sebagai alat propaganda negaranya.

TOKYO, AYOBANDUNG.COM — Kimia Alizadeh sempat mengatakan sebelumnya, alasan ia keluar dari Iran ialah karena tak tahan dimanfaatkan sebagai alat propaganda negaranya.

Kini, ia pun akan menjadi satu-satunya peraih medali Olimpiade yang mewakili kontingen Iran. Di sisi lain, karena sudah tak menetap di negara asalnya, ia pun dipastikan bakal mengikuti Olimpide Tokyo dengan status pengungsi.

Kepastian itu didapat setelah negara yang dia tinggali sekarang, Jerman, memberi persetujuan kepada Kimia Alizadeh untuk berpartisipasi di multievent terakbar tersebut.

Atlet putri peraih medali perunggu taekwondo pada Olimpiade Rio 2016 itu memutuskan hijrah ke Jerman tahun lalu setelah sempat menerima tawaran tinggal dari Belanda, Kanada, Belgia dan Bulgaria.

"Taekwondo mengubah hidup saya. Ketika saya mendapat medali, saya adalah atlet pertama di Iran dan setelah itu semua orang mengenal saya, bagi saya itu sangat sulit," tutur Alizadeh dikutip Antara dari Reuters, Rabu (3/3/2021).

Atlet berusia 22 tahun itu kini tinggal di kota Aschaffenburg dan menjalani latihan bersama suaminya. Dalam waktu dekat dia akan mengikuti turnamen kualifikasi Olimpiade tingkat Eropa di Sofia pada Mei.

Alizadeh akan bergabung dengan Tim Pengungsi Olimpiade yang akan dipilih pada Juni dengan komposisi 55 atlet dari 12 cabang olahraga.

Serikat Taekwondo Jerman mengaku sudah menghubungi Kementerian Dalam Negeri mengenai status pengungsi Alizadeh musim panas lalu dan menyatakan Alizadeh adalah atlet pengungsi ketiga di Jerman.

"Sekarang semuanya baik-baik saja. Yang terpenting saya bisa memiliki kehidupan pribadi dan kehidupan olahraga saya secara bersamaan," kata Alizadeh. [*]

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Atlet Dayung Purwakarta Raih Medali Emas PON Papua 2021

Selasa, 28 September 2021 | 15:28 WIB

Hasil Piala Sudirman 2021: Sumbang Poin di Laga Penutup

Senin, 27 September 2021 | 15:00 WIB

Richard Mainaky Tak Mau Ganda Campuran Terpuruk Lagi

Senin, 13 September 2021 | 12:29 WIB

4 Pebulutangkis Absen di Simulasi Piala Beregu PBSI

Selasa, 7 September 2021 | 10:35 WIB
X