Energi Senja, Olahraga Sore Baik untuk Turunkan Berat Badan

- Minggu, 14 Februari 2021 | 06:07 WIB
 Para peneliti menyebut bahwa olahraga di sore hari membawa manfaat besar bagi penurunan berat badan.
Para peneliti menyebut bahwa olahraga di sore hari membawa manfaat besar bagi penurunan berat badan.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Para peneliti menyebut bahwa olahraga di sore hari membawa manfaat besar bagi penurunan berat badan. Orang yang berolahraga di waktu ini akan menerima gelombang energi yang tepat.

Jika tujuan Anda berolahraga untuk memaksimalkan respons fisiologis bawaan tubuh Anda dan mengembangkan metabolisme serta menurunkan berat badan maka olahraga di sore hari menjadi waktu yang utama. Olahraga ini juga baik untuk penderita diabetes tipe 2.

Melansir dari Eat This, menurut penelitian menunjukkan bahwa olahraga di sore hari mengarah pada adaptasi metabolik yang lebih jelas dibandingkan dengan olahraga di pagi hari pada orang yang mengalami gangguan metabolisme atau menderita diabetes tipe-2.

Terlebih lagi, para peneliti menyimpulkan, bahwa olahraga sore hari memicu manfaat yang lebih besar pada peningkatan kapasitas olahraga dan penurunan kandungan lemak tubuh. Penelitian ini diterbitkan pada bulan Desember pada jurnal Physiological Reports.

Studi tersebut dilakukan oleh para ilmuwan di Maastricht University Medical Center di Belanda mencoba menganalisis hubungan antara waktu olahraga dan diabetes.

Setelah membandingkan efek olahraga pada pria yang berolahraga di pagi hari (8 pagi hingga 10 pagi) hingga sore hari (3 sore hingga 6 sore), para peneliti menyimpulkan bahwa olahraga sore hari memiliki efek yang lebih besar.

"Kita mendapatkan gelombang energi tepat sebelum senja," catat peneliti. Sore hari juga menjadi waktu terbaik untuk meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan.

Selain itu, jika Anda ingin mencoba olahraga berat selama jam-jam sore, maka olahraga ini bisa mendorong kehilangan lemak 29 persen lebih banyak daripada olahraga di pagi hari.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Fabio Quartararo, Juara Dunia Baru Moto GP 2021

Senin, 25 Oktober 2021 | 07:00 WIB

Bonus Atlet PON Papua Dipastikan Cair Tahun Depan

Selasa, 19 Oktober 2021 | 19:56 WIB
X