Jangan Takut Olahraga Saat Perut Kosong, Ini Manfaatnya!

- Rabu, 29 April 2020 | 10:07 WIB
[Ilustrasi] Sejumlah warga saat berolahraga dengan menggunakan topi untuk menghindari teriknya matahari di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Rabu (23/10/2019). (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
[Ilustrasi] Sejumlah warga saat berolahraga dengan menggunakan topi untuk menghindari teriknya matahari di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Rabu (23/10/2019). (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga saat href="https://www.ayobandung.com/tag/ perut kosong"> perut kosong dapat membantu membakar lebih banyak lemak.

Selain itu, olahraga saat href="https://www.ayobandung.com/tag/ perut kosong"> perut kosong menguntungkan bagi bahan bakar dalam jaringan adiposa yang baik untuk kesehatan dalam jangka panjang.

Kesimpulan itu didapat setelah para peneliti dari University of Bath di Inggris mempelajari sekelompok responden laki-laki yang kelebihan berat badan, yang diminta untuk berjalan selama 60 menit saat href="https://www.ayobandung.com/tag/ perut kosong"> perut kosong dan pada kesempatan lain, dua jam setelah mengonsumsi sarapan tinggi kalori dan karbohidrat.

AYO BACA : Ini Resep Diet dan Olahraga dari Gal Gadot, Patut Dicoba!

Peneliti melihat efek olahraga setelah makan dan saat href="https://www.ayobandung.com/tag/ perut kosong"> perut kosong pada ekspresi gen di jaringan adiposa (lemak).

"Setelah makan, jaringan adiposa sibuk menanggapi makanan dan pertarungan latihan. Pada saat ini tidak akan merangsang dan (menguntungkan) perubahan dalam jaringan adiposa," kata penulis studi Dylan Thompson dari University of Bath di Inggris dilansir Zeenews.

Hal itu berarti, kata dia, href="https://www.ayobandung.com/tag/olahraga saat puasa">olahraga saat puasa (perut kosong) akan lebih menguntungkan dan bermanfaat bagi kesehatan dalam jangka panjang.

AYO BACA : 5 Olahraga Sederhana untuk Dilakukan Selama Karantina di Rumah

Tim peneliti mengambil beberapa sampel darah peserta setelah makan atau puasa dan setelah berolahraga. Para peneliti juga mengumpulkan sampel jaringan lemak segera sebelum atau satu jam setelah berjalan.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

Bonus Atlet PON Papua Dipastikan Cair Tahun Depan

Selasa, 19 Oktober 2021 | 19:56 WIB

Atlet Dayung Purwakarta Raih Medali Emas PON Papua 2021

Selasa, 28 September 2021 | 15:28 WIB
X