Ini Nama Atlet Pengguna Doping saat PON & Peparnas

- Senin, 9 Januari 2017 | 16:48 WIB
Logo PON dan Perpanas
Logo PON dan Perpanas

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM—PB PON memastikan 14 orang atlet menggunakan doping saat PON XIX dan Peparnas XV.

Ketua Umum PB PON XIX Ahmad Heryawan mengatakan para atlet yang diduga menggunakan doping setelah sampel urin diperiksa di New Delhi India.

"Atlet peraih medali emas dan perak diperiksa urinnya untuk memastikan tidak menggunakan doping. Hasilnya ada 14 atlet PON dan Peparnas positif menggunakan doping," tutur Aher saat konferensi pers di Gedung Sate, Senin (9/1/2017).

Dia menyebutkan atlet PON yang sesuai hasil pemeriksaan terdapat zat doping bertanding dalam empat cabang olah raga, sementara atlet Peparnas bertanding dalam dua cabang olah raga.

Lebih rinci Aher menyebutkan atlet yang diketahui menggunakan doping dalam cabor Binaraga adalah Roni Rumero (Jabar) peraih medali emas, Iketut Gede Arnawa (Bengkulu) peraih medali Perak, Rahma Widodo (DKI) peraih medali perak, Kurniawan Syah (Bangkabelitung) peraih medali perak, Zaenal (Jabar) peraih medali perak, Mualif (Jateng) peraih medali perak, Meni (Jateng) peraih medali perak, dan Iman (Jabar) peraih medali emas.

Dari cabor menembak ada Agus Waluyo peraih medali emas asal Jabar dan Safrin Sihilombing dari Riau yang meraih medali emas. Sementara dari Cabor Berkuda pemenang emas asal Jateng yakni Jendri Turangan dan Cabor angkat berat Awang Latiful asal Kaltim.

Untuk atlet Peparnas yang terbukti menggunakan doping adalah peraih medali emas cabor tenis meja asal maluku yakni Adius Astan dan peraih medali emas atletik asal Jabar Cucu Kurniawan.

Menurut Aher, dengan terbukti menggunakan doping maka hak atlet tersebut baik medali, hadiah maupun bonus akan dicabut.

"Ini merupakan bagian dari proses yang belum final, nanti sanksinya akan diputuskan oleh Dewan Disiplin yang dibentuk oleh Kemenpora," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

M Fahan: GBLA Dikelola Swasta Harga Mati

Rabu, 11 Mei 2022 | 22:11 WIB
X