Hampir 1.000 Orang Sakit saat PON

- Jumat, 30 September 2016 | 15:54 WIB
CEDERA : Seorang atlet mengalami cedera saat PON XIX, beberapa waktu lalu. tercatat hampir 1000 atlet mengalami cedera sat pelaksanaan POn berlangsung. (bola.liputan6.com)
CEDERA : Seorang atlet mengalami cedera saat PON XIX, beberapa waktu lalu. tercatat hampir 1000 atlet mengalami cedera sat pelaksanaan POn berlangsung. (bola.liputan6.com)

BANDUNG,AYOBANDUNG.COM – Meskipun PON sudah berakhir, namun cerita di balik Pekan Olah Raga Nasional atau PON masih tersisa. Salah satunya jumlah peserta, official dan atlet PON yang cedera atau sakit saat pelaksanaan kegiatan itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Achmad Kustidjadi mengatakan berdasarkan catatan tim medis di 13 medical room yang tersebar di semua venue PON Kabupten Bandung, sebanyak 954 orang ditangani tim medis dengan beberapa keluhan, baik cedera maupun sakit.

"Kebanyakan yang diperiksa itu atlet yang mengalami cedera, sebagian lagi official, panitia dan suporter yang mengalami sakit," tutur Achmad, Jumat (30/9/2016).

Dari 954 orang yang ditangani tim medis dalam kurun waktu 12-29 september tersebut, 30 orang di antaranya harus dirujuk ke RSUD Soreang untuk diberi tindakan lanjutan. 19 orang pasien di antaranya harus rawat inap dan 11 orang pasien rawat jalan di RS milik Pemkab Bandung tersebut.

Achmad melanjutkan lapangan softball menjadi venue dengan penanganan medis terbanyak. Tercatat sebanyak 181 orang diberi penanganan medis selama PON berlangsung di venue ini.

Medical room tersibuk lainnya venue voli indoor, yakni 152 orang pasien diberikan tindakan medis. Di medical room ini, ditemukan banyak pasien yang cedera dari kalangan atlet, sampai penonton yang mengalami gangguan kesehatan.

Di Lapangan Panahan Si Jalak Harupat, tercatat 142 orang pasien mendapat pertolongan medis di medical room. Sebanyak 136 orang pasien diobati di Lapangan Hoki Si Jalak Harupat. Tercatat ada 116 orang pasien saat lomba angkat berat ditangani di Gymnasium Si Jalak Harupat, sedangkan 45 orang pasien lainnya diobati saat digelar lomba angkat besi di lokasi yang sama.

Di venue lainnya, jumlah pasien mencapai puluhan orang, seperti di venue polo air, aeromodeling, dan medical room yang terdapat di Hotel Sutan Raja. Jumlah pasien pada pertandingan final sepakbola di Stadion Si Jalak Harupat hanya 6 orang dan di venue binaraga hanya 3 orang pasien. (Daneza)

 

Halaman:

Editor: Yatti Chahyati

Tags

Terkini

Bonus Atlet PON Papua Dipastikan Cair Tahun Depan

Selasa, 19 Oktober 2021 | 19:56 WIB
X