Kereta Api sebagai Moda Transportasi Darat Aman Saat Pandemi

- Minggu, 8 Agustus 2021 | 17:55 WIB
Calon penumpang yang hendak menggunakan moda transportasi darat kereta api hanya dipersyaratkan membawa surat jalan.
Calon penumpang yang hendak menggunakan moda transportasi darat kereta api hanya dipersyaratkan membawa surat jalan.

CILEUNYI, AYOBANDUNG.COM -- Seorang warga tampak memperlihatkan selembar kertas kepada petugas penjaga loket tiket di Stasiun Cimekar, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Selembar kertas tersebut merupakan surat keterangan dari aparat kewilayahan yang menjadi syarat penumpang kereta api lokal.

Tidak seperti kereta api antar provinsi yang harus membawa surat keterangan bebas covid-19, untuk kereta api lokal hanya disyaratkan membawa surat keterangan dari aparat kewilayahan. "Bagi penumpang kereta api lokal, syaratnya harus membawa surat keterangan perjalanan, bisa dari RT, RW, kelurahan/desa atau kecamatan," ujar Kepala Stasiun Cimekar Haryanto Lili Suheri, Minggu, 8 Agustus 2021.

Bukan mempersulit, tetpai kata Lili, semua itu untuk keamanan penumpang sendiri. Bahkan untuk penumpang kereta api lokal syaratnya sudah dikurangi dibanding dengan tujuan antar provinsi.

"Memang ada adaptasi khusus untuk penumpang lokal Bandung, tidak harus membawa surat keterangan bebas covid atau pemeriksaan manual di tempat. Hanya harus membawa surat keterangan perjalanan dari aparat kewilayahan. Tapi protokol kesehatannya tetap dijaga, penumpang juga dibatasi," paparnya.

Dengan pelbagai persyaratan tersebut, menjadikan kereta api bisa dianggap sebagai moda transportasi darat paling aman dari penyebaran covid-19.

Hal tersebut diakui oleh Ilyas, seorang pelanggan kereta api asal Cileunyi. Setiap hari dia menggunakan kereta api dari Cileunyi ke Padalarang. "Memang harus membawa surat jalan dari RW, tapi dibanding harus naik angkot, mending naik kereta," ujar Ilyas.

Ilyas mengaku merasa lebih aman menggunakan kereta api dibanding moda transportasi darat lainnya disebabkan adanya standar ketat yang diterapkan. "Kalau menggunakan angkutan lain, tidak ada standar protokol kesehatan. Risiko terpaparnya lebih tinggi," katanya.

Bahkan Ilyas menceritakan salah seorang tetangganya terpapar covid ketika menggunakan angkutan umum. "Saya punya tetangga yang sama-sama pelanggan kereta, entah kenapa beberapa waktu lalu dia menggunakan angkutan umum lain dan terpapar covid. Selama menggunakan kereta saat pandemi, saya belum mendengar ada yang terpapar," ujarnya.

Pengamat transportasi, Djoko Setijowarno, mengatakan penerapan protokol kesehatan yang diterapkan di kereta api menjadikan moda transportasi darat tersebut lebih aman dibanding dengan moda tranportasi darat lainnya. "Yang saya amati dan rasakan, memang kereta api memiliki standar protokol kesehatan yang lebih baik dibanding moda transportasi lainnya," katanya.

Protokol kesehatan menjadi hal penting diterapkan oleh pengelola moda transportasi massal, walaupun tidak menjamin sepenuhnya, paling tidak bisa meminimalisasi penyebaran covid-19. "Saya perhatikan di stasiun besar, untuk surat sehat sudah diminimalisasi adanya pemalsuan," ungkapnya.

Hal tersebut menjadikan kereta api bisa dikatakan sebagai moda trasnportasi darat paling aman dibanding dengan moda transportasi darat lainnya. "Di luar protokol kesehatan, sebaiknya di dalam gerbong diberi fasilitas wifi gratis," imbuhnya.

Saat serba daring seperti sekarang, fasilitas internet menjadi hal yang dicari masyarakat, sehingga dengann adanya fasilitas wifi secara gratis di dalam gerbong bisa membuat masyarakat merasa lebih aman dan nyaman, bahkan ketika harus mengadakan rapat-rapat virtual.
 

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Terkini

X