Tak Ada Lomba Agustus-an, Penjual Bendera Menjerit selama PPKM

- Kamis, 5 Agustus 2021 | 18:35 WIB
Pada Agustus-an 2021, harga bendera diperkirakan akan turun karena sepinya pembeli.
Pada Agustus-an 2021, harga bendera diperkirakan akan turun karena sepinya pembeli.

CILEUNYI, AYOBANDUNG.COM — Kebutuhan bendera menjelang HUT RI biasanya tinggi. Namun pada Agustus-an 2021, harga bendera diperkirakan akan turun karena sepinya pembeli.

Di kawasan Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, misalnya, tidak terlalu banyak pedagang yang menjajakan bendera di pinggir jalan. Praktis, pedagang pun mengeluhkan sepi pembeli.

"Sepi, biasanya yang kecil banyak laku. Sekarang, hampir tidak ada pembeli," ujar Dede Alinurdin, salah seorang pedagang bendera, Kamis, 5 Agustus 2021.

Padahal harga bendera yang ditawarkan tidak terlalu tinggi. Dede menyontohkan, bendera ukuran 90 sentimeter hanya ditawarkan Rp30.000/buah.

Sementara bendera berukuran besar ditawarkan Rp50.000/buah; dan bendera kecil hanya Rp5.000/buah. Untuk umbul-umbul harga yang ditawarkan Rp30.000 dan background Rp100.000/buah.

"Itu harga yang ditawarkan, pembeli biasanya menawar sampai setengahnya," katanya.

Karena sepi pembeli, Dede dan sejumlah pedagang lainnya tidak terlalu menahan harga. Asal memiliki keuntungan sedikit, harga akan disepakati.

"Yang penting bisa terjual," ucapnya.

Turunnya penjualan bendera diperkirakan karena adanya PPKM. Penyekatan dan pembatasan aktivitas membuat ekonomi masyarakat menjadi terhambat.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

X