PPKM Diperpanjang, Tempat Wisata Ciwidey Kibarkan Bendera Putih

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 20:00 WIB
Kawasan wisata di Ciwidey, Kabupaten Bandung. Jika objek wisata kembali ditutup, bukan hal yang mustahil akan banyak pengusaha pariwisata yang gulung tikar karena tidak mendapat pemasukan sama sekali.
Kawasan wisata di Ciwidey, Kabupaten Bandung. Jika objek wisata kembali ditutup, bukan hal yang mustahil akan banyak pengusaha pariwisata yang gulung tikar karena tidak mendapat pemasukan sama sekali.

CIWIDEY, AYOBANDUNG.COM — PPKM Level 4 yang resmi diperpanjang membuat pengelola objek wisata di Ciwidey, Kabupaten Bandung, melakukan aksi pengibaran bendera merah putih.

Aksi tersebut dilakukan karena pengelola objek wisata tidak kuat, karena harus kembali menutup aktivitas wisata, sementara karyawan tetap digaji.

Ricky, pengelola objek wisata Ciwidey Veley mengatakan, pihaknya sengaja mengibarkan bendera putih karena sudah tidak kuat jika keadaan pariwisata dilumpuhkan.

"Sudah tidak kuat, makanya kami kibarkan bendera putih," ujar Ricky, Selasa 3 Agustus 2021.

Selama dua bulan terakhir, atau sejak PPKM diberlakukan, aktivitas wisata di Ciwidey menjadi lumpuh, sehingga selama itu pengelola wisata tidak mendapat pemasukan.

Di lain sisi, karyawan tetap dipekerjakan sehingga kas perusahaan terus menipis karena tidak ada pemasukan.

"Jika nanti diperpanjang lagi, kami tidak tahu harus bagaimana. Kami berharap tidak ada perpanjangan PPKM," ucapnya.

Ketua PHRI Kabupaten Bandung Use Juhaya mengatakan, pengibaran bendera putih oleh pengelola pariwisata di Ciwidey merupakan ekspresi atas kondisi saat ini.

"Itu ekspresi kesulitan pengusaha pariwisata," ujarnya.

Dia berharap PPKM tidak kembali diperpanjang pasca-perpanjangan sampai 9 Agustus oleh pemerintah pusat.

"Kondisinya sangat sulit, objek wisata tidak ada pemasukan. Hotel dan restoran juga kondisinya banyak yang buka-tutup. Sementara gaji karyawan tetap harus dibayarkan, belum tunggakan ke bank dan pengeluaran lainnya termasuk listrik," katanya.

Jika objek wisata kembali ditutup, bukan hal yang mustahil akan banyak pengusaha pariwisata yang gulung tikar karena tidak mendapat pemasukan sama sekali. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

PKS Soroti Kebijakan Petani Milenial Ridwan Kamil

Minggu, 24 Oktober 2021 | 18:21 WIB
X