Pembeli Tiket Kereta Api Lokal Bandung Raya Hanya Diharuskan Bawa Surat Jalan

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 19:30 WIB
Calon penumpang yang hendak menggunakan moda transportasi darat kereta api hanya dipersyaratkan membawa surat jalan.
Calon penumpang yang hendak menggunakan moda transportasi darat kereta api hanya dipersyaratkan membawa surat jalan.

CILEUNYI, AYOBANDUNG.COM — Pembeli tiket kereta api untuk perjalanan lokal Bandung Raya, tidak diharuskan membawa surat keterangan sehat atau pemeriksaan bebas Covid-19 seperti pembelian tiket luar daerah.

Di Stasiun Cimekar, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, misalnya, calon penumpang yang hendak menggunakan moda transportasi darat kereta api hanya dipersyaratkan membawa surat jalan.

"Memang kebijakannya sedikit berbeda, untuk perjalanan lokal Bandung hanya diharuskan membawa surat keterangan atau surat jalan dari aparat kewilayahan," ujar Kepala Stasiun Cimekar Haryanto Lili Suheri, Selasa, 3 Agustus 2021.

Pelanggan kereta api lokal, sebagian besar merupakan pedagang kecil atau pekerja swasta yang berpenghasilan tidak besar, sehingga jika harus melakukan pemeriksaan kesehatan setiap hari akan terasa berat, bahkan biaya untuk pemeriksaan kesehatan akan lebih besar dibanding harga tiket.

Adapun surat jalan dari aparat kewilayahan, sebagai merupakan persyaratan standar selama masa PPKM. Sehingga seharusnya masyarakat sudah mengantongi surat tersebut baik dari kantor tempat bekerja masing-masing maupun aparat kewilayahan.

"Secara protokol kesehatan juga sudah standar, mulai dari masuk dilakukan pengecekan suhu tubuh. Masker juga wajib dipakai," katanya.

Di dalam kereta juga hanya berisi kurang 50 persen dari kapasitas, sehingga penyebaran Covid-19 saat dalam kereta bisa diminimalisasi.

"Membawa surat keterangan sudah vaksin akan lebih baik lagi. Semua persyaratan itu diterapkan untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada penumpang," katanya.

Walau demikian, pengguna kereta api mengalami penurunan sampai 70 persen. Di Cimekar biasanya dalam sehari bisa mengangkut 700 penumpang, namun saat ini penggunanya hanya kurang dari 200 orang/hari. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Pandemi Tidak Membuat Bisnis Ikan Koi Surut

Minggu, 19 September 2021 | 16:50 WIB

19 Objek Wisata Kabupaten Bandung Siap Dibuka

Jumat, 17 September 2021 | 16:47 WIB

Pangalengan bakal Jadi Tempat Pelatnas Atletik

Kamis, 16 September 2021 | 21:17 WIB

Diam-Diam Sahrul Gunawan Syuting di Kabupaten Bandung

Kamis, 16 September 2021 | 17:27 WIB
X