Pelanggan Kereta Api Lokal Menurun Drastis Selama Pandemi Covid-19

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 19:10 WIB
Pandemi Covid-19 membuat pengguna kereta api lokal Bandung Raya menurun drastis.
Pandemi Covid-19 membuat pengguna kereta api lokal Bandung Raya menurun drastis.

CILEUNYI, AYOBANDUNG.COM — Pandemi Covid-19 membuat pengguna kereta api lokal Bandung Raya menurun drastis. Padahal, kereta api merupakan moda transportasi paling aman saat pandemi.

Di Stasiun Cimekar, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, misalnya, biasanya ada ratusan orang yang menggunakan kereta api sebagai moda transportasi dengan tujuan lokal Bandung Raya, seperti ke Cicalengka, Nagreg, Padalarang, Cimahi, Kiaracondong, dan stasiun kecil lainnya di wilayah Bandung Raya.

"Selama pandemi memang ada pembatasan, hanya 70 persen dari kapasitas, tapi pada kenyataannya penumpang kurang dari 50 persen," ujar Kepala Stasiun Cimekar Haryanto Lili Suheri, Selasa 3 Agustus 2021 sore.

Penurunan tersebut terjadi karena upaya pihak PT KAI dalam memberikan kenyamanan dan keamanan kepada pengguna kereta api, seperti diharuskan membawa surat jalan sesuai dengan peraturan PPKM.

Pada saat sebelum pandemi, di Cimekar setiap harinya bisa ada 700 masyarakat yang biasa menggunakan kerata api untuk menuju sejumlah daerah di Bandung Raya, bahkan saat akhir pekan jumlah penumpang bisa menembus 1.000 orang.

"Sekarang yang penumpang dari sini kurang dari 200 orang," katanya.

Diperkirakan, menurunnya pelanggan tersebut dikarenakan masyarakat tidak ingin ribet dengan pelbagai persyaratan sebelum membeli tiket.

Padahal, persyaratan tersebut sebagai upaya untuk meminimalisasi penyebaran Covid-19 kepada penumpang ketika sedang berada di dalam kereta api.

Pelanggan di Stasiun Cimekar biasanya merupakan pedagang kecil di pasar-pasar yang ada di sekitar Bandung Raya atau pegawai swasta. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Hati-hati Jika Membeli Tanah di Daerah Ini

Minggu, 26 September 2021 | 15:02 WIB

Sertifikat Tanah Hilang, Ini Cara Mengurusnya

Minggu, 26 September 2021 | 13:58 WIB

Sudah Setahun Situ Sipatahunan Kering, Nyaris Tak Berair

Jumat, 24 September 2021 | 13:25 WIB
X