Vaksinasi 400.000 Penduduk Sulit Dilakukan Kurang dari 1 Bulan

- Senin, 5 Juli 2021 | 16:48 WIB
Vaksinator melakukan vaksinasi Covid-19.
Vaksinator melakukan vaksinasi Covid-19.

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Pemkab Bandung membuka lowongan petugas vaksinator sebanyak 1.000 orang. Salah satu target vaksinator tersebut adalah memprioritaskan vaksinasi terhadap 400.000 masyarakat di 49 desa yang akan menggelar Pilkades Serentak pada 28 Juli mendatang.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Wiwiet Widiastuti mengatakan, vaksinasi terhadap masyarakat di desa yang melaksanakan Pilkades serentak bisa saja dilakukan dengan cara penjadwalan terfokus.

"Bisa saja, tinggal mengatur penjadwalan," ujar Wiwiet, Senin 5 Juli 2021.

Disinggung mengenai ketersediaan vaskin, Wiwiet mengatakan saat ini hanya ada sekitar 64.000 vaksin yang tersedia dan bisa melakukan pengajuan untuk penambahan, namun jumlah yang diberikan tergantung dari pusat.

"Tenaga medis yang menjadi kendala, dengan penambahan 1.000 petugas vaksinator mungkin akan sangat membantu," katanya.

Namun hal lain yang akan menjadi hambatan adalah kemampuan petugas vaksinasi dalam melakukan vaksin di lapangan.

Sebanyak 1.000 orang vaksinator tersebut hanya akan menbambah sekitar 10 tim vaksinator. Dia menjelaskan, satu tim vaksinator berjumlah 8-10 tenaga terdiri dari dokter, petugas tensi darah, petugas penyuntik dan administrasi.

"Yang melakukan screening itu harus dokter, petugas medis biasa bisa melakukan tensi darah, petugas penyuntik harus memiliki sertifikat dan petugas administrasi bisa dari orang IT," paparnya.

Kemampuan satu tim vaksinator kata Wiwiet hanya sekitar 200-300 orang/hari. Itu pun tergantung dari kondisi lapangan.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

X