Target Naik, Dinkes Kabupaten Bandung Jamin Ketersediaan Stok Vaksin

- Senin, 5 Juli 2021 | 16:31 WIB
Vaksinator melelakukan vaksinasi Covid-19 di Masjid Salman ITB, Jalan Ganesha, Kota Bandung.
Vaksinator melelakukan vaksinasi Covid-19 di Masjid Salman ITB, Jalan Ganesha, Kota Bandung.

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung menjamin bahwa ketersediaan vaksin akan mencukupi sampai akhir tahun ini.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Wiwiet Widiastuti mengatakan, saat ini ketersediaan vaksin di Kabupaten Bandung cukup untuk sekitar 65.000 orang dan masih bisa ditambah lagi.

"Pasokan juga lancar, apabila sudah stok yang ada sudah terpakai, bisa langsung meminta jadwal pengiriman," ujar Wiwiet, Senin, 5 Juli 2021.

Namun yang menjadi kendala adalah tenaga kesehatan. Menurut Wiwiet, selama ini pihaknya mengandalkan petugas kesehatan di Puskesmas dan Rumah Sakit untuk menjadi vaksinator.

"Memang SMD yang menjadi kendala, petugas dari puskesmas itu tidak hanya melayani vaksinasi, tapi melakukan hal lain juga, baik itu tracking, tracing, juga treatment, ditambah pelayanan di puskesmas juga," katanya.

Di samping itu, terdapat juga tenaga medis termasuk vaksinator yang turut terpapar covid-19 dan harus melakukan isolasi mandiri.

"Kalau vaksinnya sih tidak ada kendala, hanya SDM-nya saja yang masih terbatas. Mudah-mudahan 1.000 tenaga vaksinator dari BKPSDM bisa segera ada, supaya proses vaksinasi tercapai target," katanya.

Dengan tenaga vaksinator yang ada, Pemkab Bandung hanya bisa melakukan vaksinasi kepada 2.000-3.000 orang setiap harinya. Penambahan yang akan dilakukan bisa menambah beberapa ribu orang dan target 2,4 juta penduduk divaksin tahun ini bisa tercapai.

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Warga Beberkan Penyebab Andir Sering Banjir Lumpur

Senin, 20 September 2021 | 19:11 WIB

Pandemi Tidak Membuat Bisnis Ikan Koi Surut

Minggu, 19 September 2021 | 16:50 WIB

19 Objek Wisata Kabupaten Bandung Siap Dibuka

Jumat, 17 September 2021 | 16:47 WIB

Pangalengan bakal Jadi Tempat Pelatnas Atletik

Kamis, 16 September 2021 | 21:17 WIB
X