IPAL PDAM Tirtawening Jadi Spot Foto dan Memancing Wargi Bandung Selatan

- Rabu, 30 Juni 2021 | 09:10 WIB
Deksripsi Foto: Salah seorang warga sedang duduk memancing di area kolam IPAL PDAM Tirtawening, Cikoneng, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung pada Selasa, 29 Juni 2021.
Deksripsi Foto: Salah seorang warga sedang duduk memancing di area kolam IPAL PDAM Tirtawening, Cikoneng, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung pada Selasa, 29 Juni 2021.

BOJONGSOANG, AYOBANDUNG.COM – Saat berkunjung ke daerah Bandung Selatan banyak kawasan wisata yang dapat disambangi oleh warga Bandung. Seperti Ranca Upas, Barusen Hills, Bukit Jamur Rancabolang, dan lain-lain.

Tetapi, ada satu area di kawasan Cikoneng yang cukup populer di kalangan warga Bandung Selatan sebagai tempat spot foto dan bersantai, yakni Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) PDAM Tirtawening.

Melansir dari website resmi PDAM pambdg.co.idIPAL PDAM Tirtawening berlokasi di Bojongsoang, Cikoneng, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. IPAL tersebut mulai beroprasi pada tahun 1992, dengan sistem kolam Stabilisasi Instalasi sebanyak 14 kolam.

IPAL tercatat mempunyai luas area 85 hektar, untuk selanjutnya selesai pengolahan kembali dialirkan ke Sungai Citarum agar tidak mencemari Lingkungan.

Saat ini, sisi uniknya, lokasi tersebut banyak dimanfaatkan warga sekitar untuk spot foto, olahraga, dan memancing, karena lingkungannya memiliki udara yang sejuk.

Menuju IPAL PDAM Tirtawening tidaklah sulit, dari arah Jalan Terusan Buah Batu, warga terbiasa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat menuju Jalan Cikoneng Bojongsoang sejauh 6,5 Km. lalu sampailah di pintu gerbang menuju ke titik lokasi.

Lokasinya cukup tersembunyi, walapun jarak dari pemukiman penduduk lumayan berdekatan. Untuk mencapai ke sana, kita harus berjalan melewati pintu gerbang dan pos penjagaan lalu jalan setapak di dekat pinggiran kolam.

Di titik lokasi itu, wargi yang datang biasanya memilih spot untuk berfoto. Pemandangan indah dikelilingi kolam IPAL yang masih asri serta pohon-pohon berjejer di tiap lapak jadi latar belakang yang menarik. Bahkan, akan lebih indah jika berkunjung ke lokasi pada saat pagi atau sore hari.

Melia (16), misalnya, salah seorang pengunjung mengaku, mengetahui lokasi tersebut dari unggahan foto kawanya di Instagram. Ia pun tertarik untuk pergi kesana mengabadikan beberapa foto untuk di unggah di media sosialnya. Kebetulan IPAL PDAM Tirtawening dekat dengan rumahnya jadi cukup mudah tuk bersambang kesana.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Warga Beberkan Penyebab Andir Sering Banjir Lumpur

Senin, 20 September 2021 | 19:11 WIB

Pandemi Tidak Membuat Bisnis Ikan Koi Surut

Minggu, 19 September 2021 | 16:50 WIB

19 Objek Wisata Kabupaten Bandung Siap Dibuka

Jumat, 17 September 2021 | 16:47 WIB

Pangalengan bakal Jadi Tempat Pelatnas Atletik

Kamis, 16 September 2021 | 21:17 WIB
X