Lambat Pertolongan Akibat RS Penuh, Pasien non-Covid di Kutawaringin Meninggal

- Selasa, 22 Juni 2021 | 08:18 WIB
Ilustrasi Petugas rumah sakit membawa pasien Covid-19.
Ilustrasi Petugas rumah sakit membawa pasien Covid-19.

KUTAWARINGIN, AYOBANDUNG.COM -- Endang, warga RW 01, Desa Jelegong, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung meregang harus nyawa setelah sebelumnya mengalami muntah darah dan sakit maag akut yang dideritanya.

Dia sempat dilarikan ke beberapa rumah sakit di wilayah Kota Cimahi untuk mendapatkan perawatan, tapi akhirnya meninggal dunia. 

Beberapa rumah sakit didatangi pada Sabtu, 19 Juni 2021 sejak pukul 20.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB, yaitu Rumah Sakit Cibabat, Rumah Sakit Avisena, dan Rumah Sakit Dustira.

Seluruh ruang IGD di sana dinyatakan penuh. Kondisi tersebut membuat yang bersangkutan belum mendapatkan pertolongan medis.

Setelah mendatangi ke sejumlah rumah sakit, Endang akhirnya bisa ditangani di Rumah Sakit Unggul Karsa Medika di Taman Kopo Indah, Kabupaten Bandung, sekitar pukul 23.30 WIB.

Namun, situasi ruang IGD di rumah sakit tersebut pun penuh. Tidak lama setelah mendapatkan perawatan, ia pun  meninggal dunia.

"Kami mendapati di tiap rumah sakit di IGD deadline, jadi ada beberapa juga (pasien) yang menunggu untuk penanganan IGD dengan kurang lebih penyakit yang sama karena belum didiagnosa positif (Covid-19)," ujar Sekretaris Desa Jelegong Dian Farid saat dikonfirmasi Republika.

"Ungkapan security rata-rata, kalau di Avisena, Dustira seperti itu. Lalu di Cibabat paramedis yang standby di depan dan di UKM itu security yang langsung berhadapan dengan kami diakhiri dengan ungkapan ruang perawatan pun penuh itu rata-rata menyampaikan demikian," ujarnya.

Dia mengatakan, saat membawa almarhum untuk dirawat di rumah sakit pada Sabtu, 19 Juni 2021, ia ditemani oleh salah seorang petugas puskesos dan dua orang anggota keluarga almarhum.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Jika Berdampak Negatif, Pernikahan Dini Haram

Rabu, 27 Oktober 2021 | 17:18 WIB

Kebocoran Usus, Bocah 3 Tahun Ini Masih Riang Bermain

Selasa, 26 Oktober 2021 | 19:33 WIB

Keterbatasan Uang, Usus Bocah Harus Dibungkus Plastik

Selasa, 26 Oktober 2021 | 18:35 WIB

PKS Soroti Kebijakan Petani Milenial Ridwan Kamil

Minggu, 24 Oktober 2021 | 18:21 WIB
X