Siswa MA di Kertasari Dilatih Membuat Wayang Tavip, untuk Apa?

- Minggu, 13 Juni 2021 | 20:00 WIB
Wayang Tavip adalah wayang inovasi ciptaan M. Tavip yang terbuat dari limbah plastik dan kertas.
Wayang Tavip adalah wayang inovasi ciptaan M. Tavip yang terbuat dari limbah plastik dan kertas.

KERTASARI, AYOBANDUNG.COM — Siswa Madrasah Aliyah (MA) Karya Bhakti Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, akan dilatih membuat wayang Tavip.

Wayang Tavip adalah wayang inovasi ciptaan M. Tavip yang terbuat dari limbah plastik dan kertas.

M. Tavip mengatakan, pelatihan pembuatan wayang akan dilakukan selama beberapa bulan ke depan. Pelatihan tersebut merupakan bagian dari program Pengabdian Kepada Masyarakat dari Institute Seni dan Budaya Bandung.

"Pelatihan ini bertujuan untuk menstimulus siswa dalam pemanfaatan limbah plastik dan kertas dijadikan wayang Tavip," ujar Tavip, Minggu 13 Juni 2021.

Diharapkan, dengan pelatihan wayang Tavip, siswa di MA Karya Bhakti bisa memanfaatkan limbah yang ada di lingkungannya menjadi barang bermanfaat. Sehingga limbah tidak dibuang secara langsung yang bisa menyebabkan pelbagai masalah, baik bencana maupun pencemaran.

Selain akan dilatih membuat wayang, akan juga diberikan pelatihan pagelaran wayang. Hal tersebut bertujuan agar siswa bisa lebih kreatif dalam membuat sebuah cerita juga melatih kepercayaan diri dalam berbicara atau tampil di depan umum.

"Cerita yang disuguhkan dalam wayang, diharapkan juga menjadi inspirasi bagi penonton untuk hidup lebih baik lagi," ujarnya.

Tavip melanjutkan, ada dua jenis wayang yang akan menjadi materi pelatihan, yakni wayang Tavip berbentuk 2 dimensi dan wayang tavip berbentuk 3 dimensi.

Kedua jenis wayang tersebut sama-sama menggunakan bahan dari limbah, baik plastik maupun kertas.

Kepala MA Karya Bhakti Dadan A Hamdani mengatakan, pihaknya menyambut baik pelatihan yang akan dilakukan tersebut.

"Ke depan, setelah pelatihan ini selesai, bisa dijadikan sebuah ekstra kulikuler di MA Karya Bhakti. Selama ini kan ekstra kurikuler itu masih itu-itu saja, tapi yang berhubungan dengan wayang sangat jarang," ujarnya.

Terlebih wilayah Kertasari terkenal akan Gunung Wayang, namun sampai saat ini tidak pernah ada padepokan wayang bahkan dalang yang berasal dari Kecamatan Kertasari. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Perahu Eretan Penyelamat Anak Sekolah di Majalaya

Jumat, 15 Oktober 2021 | 14:57 WIB
X