BMKG Catat 55 Kali Gempa Bumi Terjadi di Jabar Selama Mei 2021

- Rabu, 2 Juni 2021 | 14:20 WIB
Ilustrasi gempa Bumi di kawasan Indonesia.
Ilustrasi gempa Bumi di kawasan Indonesia.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mencatat sebayak 55 kali gempa bumi terjadi di Jawa Barat sepanjang Mei 2021.

Dari jumlah itu, sebanyak 45 kejadian gempa bumi terjadi di wilayah selatan Jawa Barat akibat subduksi pertemuan lempeng tektonik Indo-Australia dan Eurasia. Sedangkan 10 sisanya merupakan gempa dangkal akibat sesar lokal. 

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan, dari peta distribusi epicenter gempa bumi periode bulan Mei 202, peristiwa gempa tertinggi terjadi pada tanggal 9 dan 24 Mei 2021 dengan total masing-masing sebanyak enam kali kejadian pada hari tersebut.

"Gempa tertinggi terjadi pada tanggal 9 Mei dan 24 Mei 2021 dengan total masing-masing sebanyak enam kali," ungkap Teguh, Rabu 2Juni 2021.

Dari serentetan peristiwa itu, kedalaman gempa bumi bervariasi, yakni pada rentang 1 hingga 130 kilometer. Sedangkan untuk magnitudo gempabumi terbesar yang tercatat pada rentang bulan Mei tersebut adalah 4,7 magnitudo, dan guncangan terkecil adalah 2,0 magnitudo.

Sepanjang bulan tersebut terdapat dua kali gempabumi yang dirasakan manusia. Pertama yakni gempa bumi pada tanggal 19 Mei 2021 pukul 22.31 WIB pada kedalaman empat kilometer.

"Gempa bumi itu berkekuatan 2,8, dirasakan di Kabupaten Bandung. Kalau memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat Sesar Garsela," jelasnya. 

Gempa bumi kedua yang dirasakan manusia yakni pada tanggal 22 Mei 2021 pukul 22.47 WIB pada kedalaman 32 kilometer. Gempa bumi berkekuatan 4,7 tersebut dirasakan di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.

Teguh mengatakan pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya terkait kejadian gempabumi di Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

X