H-1 Lebaran, Jalur Nagreg Sepi Kendaraan

- Rabu, 12 Mei 2021 | 20:07 WIB
H-1 Lebaran, Jalur Nagreg Sepi Kendaraan
H-1 Lebaran, Jalur Nagreg Sepi Kendaraan

NAGREG, AYOBANDUNG.COM--Rabu, 12 Mei 2021, Jalan Raya Bandung-Garut atau yang lebih dikenal dengan sebutan Jalur Nagreg terpantau sepi dari kendaraan. Adapun kendaraan yang melintas didominasi oleh kendaraan berplat nomor letter D dan Z. 

Jalur Nagreg selalu menjadi salah satu jalur yang dikenal dengan padatnya kendaraan yang melintas pada momen Idulfitri. Namun, di tahun ini, Jalur Nagreg menyajikan pemandangan yang berbeda dari biasanya. 

Dari Kecamatan Cicalengka sampai perbatasan Kabupaten Garut, jalanan sudah terpantau sepi kendaraan. Memang ada beberapa pengemudi sepeda motor yang terlihat membawa perlengkapan untuk perjalanan jauh seperti orang yang mudik, namun jumlahnya sangat sedikit. Perbandingannya kira-kira hanya satu dari sepuluh pengendara. 

Rahayu Nurhayati, seorang pemilik warung di pinggir jalan yang biasa dikunjungi oleh para pemudik yang beristirahat, mengatakan bahwa jumlah pengendara memang cenderung lebih sepi dibanding saat Covid-19 belum mulai merebak. Meski kendaraan biasaya mengalami peningkatan jumlah di jam-jam setelah berbuka puasa, penambahannya pun tidak terlalu signifikan. 

"Kadang ramai, tapi biasanya baru setelah Maghrib. Tapi tetap nggak banyak seperti biasanya," ujar Rahayu kepada Ayobandung.com, Rabu, 12 Mei 2021.

Selain Jalur Nagreg yang mengarah ke Tasik dan Garut, Lingkar Nagreg pun terpantau sepi dari kendaraan. Kondisinya bahkan lebih sepi dibanding Jalan Nagreg Bandung-Garut. 

Sepinya kendaraan bisa jadi disebabkan oleh program larangan mudik 2021 yang mengharuskan pelintas untuk memutar balik jika tidak dapat memenuhi dokumen persyaratan. Di cek poin pos penyekatan Lingkar Nagreg, ada beberapa pengendara yang diputar balik karena enggan menjalani tes swab.

Petugas gabungan pun tidak hanya memeriksa KTP dan hasil tes pengemudi saja. Seluruh penumpang yang ada di dalam setiap kendaraan turut dicek persyaratannya. Jika ada satu saja penumpang yang tidak bisa menunjukkan persyaratan, kendaraan disuruh untuk putar balik.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

X