Bank Emok Masih Hantui Warga Margaasih Kabupaten Bandung

- Kamis, 25 Maret 2021 | 19:39 WIB
Ilustrasi -- Bank Emok.
Ilustrasi -- Bank Emok.

MARGAASIH, AYOBANDUNG.COM -- Warga Desa Mekarrahayu, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung mengeluhkan maraknya bank emok yang berkeliaran.

Salah seorang waga, Muhindin, mengatakan banyak tetangganya yang menjadi korban bank emok sehingga cukup meresahkan.

"Sudah banyak korban bank emok, jadi sangat meresahkan," ujar Muhindin saat menyampaikan aspirasi dalam reses masa sidang II DPRD Kabupaten Bandung di Margaasih, Kamis (25/3/2021).

Muhidin mengakui bank emok menjerat warga yang terdesak membutuhkan uang. Sehingga sulit untuk diberantas. Namun pemerintah bisa turun tangan dengan membentuk koperasi simpan pinjam di tiap RT untuk mencegah adanya warga yang terjerat pinajaman sistem lintah darat tersebut.

"Saya berharap ada pembentukan koperasi di tiap RT, supaya tidak banyak masyarakat yang menjadi korban bank emok, karena tidak bisa meminjam uang ke bank karena tidak memiliki jaminan," katanya.

Anggoata DPRD kabupaten Bandung, Yanto Setianto, mengatakan pihaknya akan segera menindaklanjuti keluhan warga Desa Mekarrahayu terkait adanya bank emok dan keinginannya untuk membuat koperasi tersebut.

"Apa yang menjadi keluhan dari masyarakat akan segera ditindak lanjut. Karena itu murni aspirasi dari masyarakat dan akan segera ditembuskan ke Dinas terkait," ujarnya.

Terlebih keinan koperasi tersebut untuk memberantas bank emok yang semakin meresahkan warga. Yanto mengakui jika bunga bank emok sangat tinggi dan masyarakat yang meminjam uang akan sulit melunasi hutangnya tepat waktu.

Menurutnya koperasi merupakan salah satu cara untuk memberantas bank emok ketika masyarakat tidak bisa meminjam uang ke bank karena tidak memiliki agunan.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

UMK Kabupaten Bandung 2022 Direkomendasikan Naik 10%

Sabtu, 27 November 2021 | 15:00 WIB

Pertama Kali, Fashion Show di Kebun Teh Pangalengan

Jumat, 26 November 2021 | 17:05 WIB

Pemadaman Listrik Hari Ini di Bandung 25 November 2021

Kamis, 25 November 2021 | 08:30 WIB

Pemadaman Listrik Hari Ini di Bandung 23 November 2021

Selasa, 23 November 2021 | 09:00 WIB
X