17% Masyarakat Kabupaten Bandung Belum Tersentuh Akses Air Bersih

- Jumat, 5 Maret 2021 | 18:38 WIB
Ilustrasi -- Air Bersih.
Ilustrasi -- Air Bersih.

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 17% masyarakat Kabupaten Bandung belum memiliki akses terhadap air bersih. Sebagaian besar berada di daerah perkotaan.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Bandung Marlan mengatakan, secara kasar saat ini 83% masyarakat Kabupaten Bandung telah memiliki akses terhadap air bersih untuk kebutuhan hidupnya.

"Masih ada gap sekitar 17%. Tapi itu bukan berarti mereka meminum air kotor, tapi mereka harus membeli air bersih untuk kebutuhan sehari-hari seperti masak atau minum," ujar Marlan, Jumat 95/3/2021).

Penyebab tidak adanya akses terhadap air bersih tersebut dikarenakan wilayah, juga ekonomi seperti daerah bekas pesawahan yang memiliki kualitas air kurang bagus, atau masyarakat yang tidak memiliki sumur.

"Sebagian besar yang tidak akses terhadap air bersih itu berada di perkotaan. Kalau di pedesaan kan banyak mata air sumur air tanahnya juga masih bagus," katanya.

Biasanya daerah yang tidak memiliki air bersih tersebut berada di wilayah industri, atau dearah dengan tingkat pencemaran tinggi.

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Persiapan Momen Politik 2024, PKS Sambangi Gerindra

Senin, 17 Januari 2022 | 21:22 WIB

Mantan Kades Cihawuk Bandung Bantah Lakukan Korupsi

Senin, 17 Januari 2022 | 11:35 WIB

Daftar Lengkap Korban Longsor Pangalengan

Minggu, 16 Januari 2022 | 17:10 WIB
X