Mengapa Jalan di Kabupaten Bandung Sering Rusak? Ini Kata Dinas PUTR

- Kamis, 18 Februari 2021 | 16:54 WIB
Ilustrasi jalan rusak di Kabupaten Bandung.
Ilustrasi jalan rusak di Kabupaten Bandung.

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Jalan menjadi salah satu fokus pembangunan di Kabupaten Bandung. Namun demikian, banyak jalan yang sudah dibangun cepat mengalami kerusakan sehingga walaupun pembangunan dilakukan dalam beberapa tahun terakhir, jalan Mantap tidak mencapai 100%.

Kepala Dinas PUTR Kabupaten Bandung Agus Nuria mengatakan, jalan yang cepat rusak tersebut bukan karena konstruksi tidak sesuai standar, melainkan ada faktor lain.

Drainase menjadi salah satu penyebabnya. Idealnya setiap jalan memiliki saluran pembuangan di bagian kiri dan kanan supaya air tidak menggerus jalan yang telah dibangun.

"Idealnya seluruh jalan dilengkapi dengan drainase di kiri dan kanannya," ujar Agus, Kamis (18/2/2021).

Namun kondisi di Kabupaten Bandung sebagian besar jalan, kata Agus, tidak dilengkapi oleh drainase, sehingga jalan menjadi cepat rusak terutama saat musim hujan.

"Kondisi saat ini, sebagian besar jalan tidak dilengkapi drainase. Ada sekitar 30% yang sudah ada drainasenya," ujarnya.

Sebanyak 30% jalan yang memiliki drainase juga tidak semuanya dalam kondisi baik, beberapa di antaranya sudah harus dilakukan rehabilitasi akibat tersumbat atau sudah tidak berfungsi dengan baik.

"Anggarannya belum memadai untuk membangun jalan secara ideal yang dilengkapi drainase. Pada 2020 malah penanganannya tidak maksimal karena 55% anggaran terkena refocusing," ujarnya.

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

19 Objek Wisata Kabupaten Bandung Siap Dibuka

Jumat, 17 September 2021 | 16:47 WIB

Pangalengan bakal Jadi Tempat Pelatnas Atletik

Kamis, 16 September 2021 | 21:17 WIB

Diam-Diam Sahrul Gunawan Syuting di Kabupaten Bandung

Kamis, 16 September 2021 | 17:27 WIB
X