Final Euro 2020: Italia VS Inggris, Berapa Total Hadiah untuk Sang Kampiun?

- Sabtu, 10 Juli 2021 | 09:11 WIB
Final Euro 2020: Italia VS Inggris, Berapa Total Hadiah yang Akan Dirail oleh Sang Kampiun?
Final Euro 2020: Italia VS Inggris, Berapa Total Hadiah yang Akan Dirail oleh Sang Kampiun?

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Gelaran Euro 2020 telah mencapai puncak. Laga final mempertemukan dua tim akbar yakni timnas Italia yang bentrok dengan timnas Inggris. Pertandingan ini digelar di Stadion Wembley, London, pada Senin, 12 Juli 2021 dini hari.

Italia terlebih dahulu menempatkan diri sebagai finalis setelah menyingkirkan Spanyol melalui drama babak adu pinalti. Sang penjaga gawang, Gianlugi Donnaruma tampil apik setelah mampu membaca arah bola dari pinalti Alvaro Morata.

Berbeda dengan Italia, Inggris memastikan diri lolos ke partai puncak setelah jatuh bangun mengalahkan tim Dinamit Denmark di semi final Euro 2020. Pasalnya, Inggris mesti tertinggal terlebih dahulu oleh gol kelas dari Mikkel Damsgaard lewat tendangan bebas yang langsung mengarah ke gawang Inggris.

Gol kemenangan Inggris dicetak oleh Harry Kane di menit 104 setelah memanfaatkan bola liar hasil sepakan pinaltinya yang berhasil dihalau oleh Kasper Schmeichel.

Final Euro 2020 ini bisa dibilang final ideal. Bagaimana tidak, dua tim raksasa punya sejarah tersendiri dan punya misi khusus yang mesti direalisasikan pada final besok.

Final Euro 2020 ini merupakan final ketiga Italia setelah gelaran Euro 2012 dan Euro 1968. Pada Euro 1968, kala itu Gli Azzuri mampu menjadi kampiun setelah mengalahkan Yugoslavia dengan skor 2-0.

44 tahun kemudian, Gli Azzuri tampil di final Euro 2012. Tapi sayang, tim asuhan Cesare Claudio Prandelli itu harus menelan kekalahan dari Spanyol di laga puncak dengan telak skor 0-4.

Lalu pada Euro 2016, Gli Azzuri hanya mampu sampai perempat final. Kala itu Italia kalah dari Jerman melalui adu pinalti setelah bermain imbang 1-1 sepanjang 120 menit.

Sedangkan di kubu Inggris, ini adalah kali pertama Thee Three Lions berlaga di final kejuaraan akbar sejak menjuarai Piala Dunia pada 1966 silam.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

X