Akhir Kisah Liga Super Eropa, Hanya Bertahan 2 Hari

- Kamis, 22 April 2021 | 10:38 WIB
Stade Matmut Atlantique.
Stade Matmut Atlantique.

LONDON, AYOBANDUNG.COM — Hanya berselang 48 jam sejak resmi diumumkan, enam wakil Inggris memilih mengundurkan diri dari proyek tersebut. Lalu, diikuti oleh klub perwakilan dari Italia dan Spanyol.

Tak pelak, Liga Super Eropa hanya tinggal nama sekarang. Selepas deklarasi pada Minggu (18 April 2021), satu persatu inisiatornya mundur setelah mendapatkan tekanan hebat dari stakeholder sepak bola Eropa. Alhasil, mereka mengeluarkan pernyataan untuk mempertimbangkan kembali pelaksanaan liga eksklusif klub-klub top Eropa ini.

Pengunduran diri dimulai secara resmi oleh Manchester City, kemudian diikuti lima klub lain, yakni Manchester United, Chelsea, Arsenal, Tottenham Hotspur, dan Liverpool.

Keenam klub papan atas ini tak kuat mendapatkan tekanan dari kelompok suporter, para kontestan Liga Primer Inggris, otoritas penyelenggara Liga Primer Inggris, FA, dan Pemerintah Inggris. Ditambah kemungkinan tekanan dari internal pemain membuat petinggi enam klub tersebut berubah pikiran terkait keterlibatan di Liga Super ini.

Berbagai aksi protes para suporter dilancarkan kepada klub-klub pendiri Liga Super asal Inggris. Puncaknya, ratusan orang berkumpul di sekitar kompleks Stadion Stamford Bridge tepat sebelum the Blues menerima lawatan Brighton and Hove Albion dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Selasa (21 April 2021). Para fan klub yang identik dengan golongan kaya di London ini sampai mengadang jalan masuk bus ke stadion.

Aksi protes ini ternyata berbuah positif. Meski tidak langsung mengumumkan pernyataan resmi, Chelsea memberikan isyarat mundur dari Liga Super. Namun, City yang kemudian tercatat sebagai klub pertama yang secara resmi menyatakan mundur.

"Pihak klub bisa mengonfirmasi telah secara formal memulai prosedur mundur dari Liga Super Eropa," tulis pernyataan City di laman resmi klub, Rabu (21 April 2021) dini hari WIB.

Dalam pernyataan resminya, Arsenal mengungkapkan rasa terimas kasih kepada para suporter atas kecintaan yang mereka tunjukkan. Dewan Direksi the Gunners pun mengaku membuat kesalahan dengan bergabung bersama Liga Super.

"Kami tidak melakukan keputusan yang tepat dalam hal ini, karena itu kesalahan ini kami terima," tulis pernyataan resmi Arsenal.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

X