Lotek, Makanan Khas Sunda yang Mengandung Banyak Manfaat Sehat

- Jumat, 6 Agustus 2021 | 22:30 WIB
Makanan lotek memang merupakan makanan yang sederhana, namun memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.
Makanan lotek memang merupakan makanan yang sederhana, namun memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Tanah Sunda, selain terkenal akan keindahan alam, terkenal juga akan kulinernya yang unik dan beraga,. Kuliner telah menjadi ciri khas makanan orang Bandung, dengan sajian kental budaya Sunda.

Salah satu kuliner Sunda yang tak lekang oleh waktu ialah lotek. Lotek merupakan makanan yang berisi sayuran mentah atau yang sudah direbus kemudian dipadukan dengan bumbu kacang dan ubi kemudian diulek hingga menyatu. Lotek kerap dimakan dengan lontong maupun dengan nasi dan kerupuk.

Sekilas, lotek mirip dengan makanan gado-gado yang berasal dari Jakarta. Namun terdapat perbedaan antara lotek dan gado-gado.

Dalam membuat lotek, bumbu kacang dibuat dadakan, berbeda dengan gado-gado yang bumbu kacangnya sudah dalam keadaan bumbu jadi. Lotek juga terasa lebih manis pada bumbunya, ketimbang gado-gado.

Lotek biasanya terdiri dari sayuran tauge, kacang panjang, kol, ubi, bayam, dan kangkung; sedangkan gado-gado menyisipkan kentang, telur, tahu, selada, tauge dan kol.

Berdasarkan informasi dari beragam sumber, sebutan lotek mencuat dengan popularitas tinggi pada tahun 1970-an. Pada saat itu, ada seorang jurnalis yang berasal dari Inggris yang sedang berada di Parongpong dan hendak menikmati salad. Namun, tidak ditemukan penjual salad di daerah itu. Akhirnya, jurnalis tersebut menemukan macam-macam sayuran dengan peralatan seadanya.

Dalam bahasa Inggris peralatan seadanya dan sederhana dikenal dengan sebutan low tech. Dikarenakan orang Sunda susah melafalkan bahasa tersebut, maka pelafalan tersebut tersederhanakan menjadi lotek.

Meski begitu, disebutkan pula bahwa lotek sebetulnya sudah populer jauh sebelum tahun 1970-an. Penyebutannya pun tidak berasal dari jurnalis asal Inggris itu. Di Indramayu, misalnya, kata lotek dipercaya berasal dari letek, yang berarti lawan dari kata bening

Kandungan gizi yang terdapat pada lotek cukup tinggi, di antaranya mengandung vitamin, mineral, antioksidan dan serat. Unsur mineral di dalamnya terdapat magnesium, zat besi, zat kapur dan fosfor. Tidak hanya itu, vitamin C dan A berguna untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, lotek dapat dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari untuk mencukupi gizi seimbang.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Waspada! Telapak Kaki Dingin Tanda Kolesterol Tinggi

Senin, 25 Oktober 2021 | 19:26 WIB

5 Efek Buruk Posisi Tidur Miring Kanan dan Tengkurap

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 20:56 WIB

5 Khasiat Minyak Zaitun untuk Wajah, Bikin Awet Muda!

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 14:22 WIB

6 Manfaat Daun Jelatang, Obat Eksim hingga Rematik

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:51 WIB

3 Minuman Penurun Berat Badan, Bisa Dibuat di Rumah!

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:07 WIB

Cara Jaga Kesehatan Otak dengan 6 Kebiasaan Mudah Ini

Jumat, 22 Oktober 2021 | 09:11 WIB

Cara Mengetahui Telur Busuk, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:59 WIB
X