Eating Disorder, Gangguan Pola Makan yang Berbahaya

- Kamis, 5 Agustus 2021 | 21:30 WIB
Gangguan pola makanan sering terjadi disengaja ataupun tidak disengaja demi tujuan tertentu, istilah itu disebut Eating Disorder.
Gangguan pola makanan sering terjadi disengaja ataupun tidak disengaja demi tujuan tertentu, istilah itu disebut Eating Disorder.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM  Eating disorder merupakan kondisi terjadinya gangguan mental saat mengonsumsi makanan yang memberikan dampak negatif pada emosi dan kesehatan.

Umumnya penderita gangguan ini dapat mengonsumsi terlalu banyak atau terlalu sedikit makanan. Tanpa disadari, eating disorder banyak terjadi pada orang-orang disekitar kita bahkan mungkin terjadi pada diri kita sendiri.

Banyak dari kita yang terobsesi untuk memiliki bentuk tubuh yang ideal seperti ingin terlihat kurus ataupun ingin terlihat gemuk. Bentuk ketidakpuasan seseorang terhadap bentuk badan yang ia miliki menyebabkan terbentuknya citra tubuh yang negatif sehingga hal ini akan memengaruhi pola makan seseorang secara signifikan.

Eating disorder umumnya terjadi pada remaja sekitar usia 13 hingga 17 tahun, namun bisa saja terjadi pada semua jenjang usia .

Dalam beberapa kasus, eating disorder yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan gangguan kesehatan serius bahkan sampai pada kematian. Ada beberapa gejala yang paling umum ditimbulkan oleh gangguan mental ini seperti memuntahkan makanan dengan sengaja, makanan berlebihan secara cepat, olahraga secara berlebihan, dan pembatasan konsumsi makanan secara ekstrim.

Dilansir dari laman apki.or.id (Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia) berikut ini adalah penjelasan jenis-jenis eating disorder meliputi :

1.      Anoreksia Nervosa

Anoreksia nervosa merupakan bentuk gangguan pola makan yang menyebabkan seseorang ingin memilki bentuk tubuh di bawah normal, bahkan berada di bawah standar ukuran berat badan yang seharusnya untuk umur dan tinggi badannya.

Penderita anoreksia tidak pernah puas terhadap kondisi tubuh yang dimilikinya, segala cara dilakukan untuk menurunkan berat badan bahkan dengan tidak makan sekalipun, karena mereka menganggap berat badan yang dimiliki terlalu berlebih.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Mengintip Selera Musik Psikopat, Apakah Sama denganmu?

Jumat, 24 September 2021 | 15:33 WIB

Sakit Dada Saat Bangun Tidur, Pertanda Penyakit Jantung?

Jumat, 24 September 2021 | 15:09 WIB

7 Penyebab Mulut Terasa Pahit, Jarang Disadari!

Jumat, 24 September 2021 | 11:06 WIB

Ramuan Herbal Diabetes, Bahannya Mudah Didapat!

Jumat, 24 September 2021 | 09:27 WIB

Beruban di Usia Muda, Apa Penyebabnya?

Jumat, 24 September 2021 | 08:43 WIB

Gejala PMS Dapat Terjadi pada Pria, Kok Bisa?

Kamis, 23 September 2021 | 16:45 WIB

Berat Badan Tak Berhasil Turun? 4 Hal Ini Penyebabnya

Kamis, 23 September 2021 | 12:47 WIB

Jangan Abaikan Migrain atau Sakit Kepala!

Kamis, 23 September 2021 | 08:30 WIB
X