Petroleum Jelly dan Segudang Manfaat Baik untuk Kulit

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 18:45 WIB
Ilustrasi Petroleum Jelly.
Ilustrasi Petroleum Jelly.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Setiap orang tentu memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda. Beragam produk kosmetik diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan perawatan kulit, salah satunya adalah petroleum jelly atau petrolatum.

Dilansir dari Klikdokter.com, petrolatum atau petroleum jelly merupakan produk yang terbuat dari campuran wax dan mineral oil. Awalnya petroleum jelly dipakai oleh pekerja tambang sebagai obat luka bakar, namun lambat laun peneliti menemukan bahwa petroleum jelly ternyata mempunyai banyak manfaat.

Berikut rangkuman Ayobandung.com mengenai manfaat petroleum jelly:

1.       Berfungsi sebagai pelembab bibir

Karena terbuat dari mineral oilpetroleum jelly dapat membantu melembapkan dan mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Petroleum Jelly juga bisa digunakan sebagai masker bibir, pelembab bibir dan base sebelum mengaplikasikan lipstick supaya bibir tidak kering. Penggunaannya cukup oleskan petroleum jelly pada bibir Anda dan biarkan sampai meresap, aplikasikan secara rutin dan hasilnya Anda akan mendapatkan bibir yang sehat dan lembab.

2.        Mengatasi kulit kasar, kering dan pecah-pecah pada tumit kaki.

Tumit kaki menjadi salah satu area tubuh yang sering kali diabaikan kelembapannya sehingga tak jarang kulit menjadi kering dan pecah-pecah akibat sering terkena gesekan atau sering menggunakan sepatu. Aplikasikan petroleum jelly secara rutin sebelum tidur pada kulit tumit kaki dapat membantu mengurangi kulit pecah-pecah pada tumit kaki untuk mengembalikan kelembapan kulit.

3.       Membantu mengatasi ruam pada kulit bayi.

Ruam pada kulit bayi muncul akibat sering tertutup popok terlalu lama dan ketat sehingga menimbulkan iritasi pada kulit bayi. Ruam popok biasanya muncul ditandai dengan bercak kemerahan seperti melepuh dan lecet pada bagian bokong, paha atau kelamin. Petroleum jelly menjadi alternatif yang aman untuk kulit sensitif bayi. Oleskan secara merata petroleum jelly pada bagian ruam kulit setelah bayi dimandikan atau dibersihkan bokongnya. Lakukan secara rutin hingga ruam berangsur-angsur membaik.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Banyak Makan Tapi Tak Mau Gemuk? Coba Cara Mudah Ini

Senin, 27 September 2021 | 15:50 WIB

Zodiak Bisa Bantu Deteksi Masalah Kesehatan, Yuk Cek!

Senin, 27 September 2021 | 14:24 WIB

Bolehkah Orang Alergi Obat Disuntik Vaksin Covid-19?

Minggu, 26 September 2021 | 15:59 WIB

6 Pemicu Kolesterol Tinggi, Ini Cara Mencegahnya

Minggu, 26 September 2021 | 12:29 WIB

Amankah Ibu Penderita Covid-19 Beri ASI untuk Bayinya?

Minggu, 26 September 2021 | 09:00 WIB
X