Kolesterol hingga Diabates Musnah dengan Mi Ini, Aman Dikunsumsi Rutin!

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 13:23 WIB
Mi Soba Usir Kolesterol hingga Diabates.
Mi Soba Usir Kolesterol hingga Diabates.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Mi soba adalah makanan khas Jepang yang terbuat dari buckwheat Jepang atau sejenis biji-bijian bernama latin Fagopyrum esculentum. Jenis biji tersebut bebas dari gluten dan tidak seperti gandum pada umumnya. Apa manfaat dari bahan pangan ini?

Mi soba aman atau tidak untuk kesehatan?

Mi soba merupakan mi yang terbuat dari tepung soba dan air. Namun, sekarang ini umumnya orang membuatnya dengan campuran terigu dan garam. Mi jenis yang kedua tersebut biasanya dibuat dengan komposisi tepung soba 80% dan tepung terigu 20%, yang kerap disebut dengan hachiwari.

Saat ini, Anda bisa menemukan menu makanan di berbagai restoran di Indonesia. Pembuatannya sudah banyak dikreasikan, yang beberapa di antaranya bahkan mengandung lebih banyak tepung terigu daripada tepung soba seperti resep orisinal.

Variasi komposisi itulah yang menentukan aman atau tidaknya mi soba untuk kesehatan. Secara umum, mi jenis ini merupakan sumber karbohidrat.

Namun, jika mengonsumsi yang mengandung tinggi tepung terigu beserta kandungan garamnya, Anda harus lebih berhati-hati dan mengurangi jumlahnya.

Bukannya tidak boleh mengonsumsi tepung, tetapi tepung terigu memberi tambahan kalori pada mi Anda. Begitupun dengan natrium dalam garam yang jika terlalu banyak akan meningkatkan risiko hipertensi (tekanan darah tinggi).

Apa saja kandungan gizinya?

Karena mi jenis ini tersedia dalam banyak varian, sebaiknya cek label gizinya sebelum membeli salah satu jenis mi ini. Setiap merek memiliki komposisi berbeda-beda, tergantung apa saja bahan yang digunakan untuk membuat mie soba tersebut. Agar lebih jelas, dikutip dari Hellosehat.com, di bawah ini merupakan kandungan zat gizi mi dari tepung soba yang asli 100%.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Banyak Makan Tapi Tak Mau Gemuk? Coba Cara Mudah Ini

Senin, 27 September 2021 | 15:50 WIB

Zodiak Bisa Bantu Deteksi Masalah Kesehatan, Yuk Cek!

Senin, 27 September 2021 | 14:24 WIB

Bolehkah Orang Alergi Obat Disuntik Vaksin Covid-19?

Minggu, 26 September 2021 | 15:59 WIB

6 Pemicu Kolesterol Tinggi, Ini Cara Mencegahnya

Minggu, 26 September 2021 | 12:29 WIB

Amankah Ibu Penderita Covid-19 Beri ASI untuk Bayinya?

Minggu, 26 September 2021 | 09:00 WIB
X