Diabetes Kabur dengan Tanaman Ini, Jarang Diketahui!

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 11:28 WIB
Diabetes Kabur dengan Tanaman Putri Malu.
Diabetes Kabur dengan Tanaman Putri Malu.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Tanaman putri malu telah lama digunakan sebagai salah satu pengobatan alami untuk membantu mengatasi diabetes. Pasalnya, putri malu disebut-sebut mampu mengontrol kadar gula darah yang menjadi kendala para pengidap diabetes. Namun, apakah anggapan tersebut sudah terbukti secara ilmiah? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa saja manfaat tanaman putri malu untuk pengidap diabetes?
Putri malu, atau bahasa latinnya Mimosa pudica, adalah tanaman berwarna hijau yang daunnya akan terlipat dan terkulai pada malam hari, udara dingin, dan saat disentuh.

Tanaman ini bisa dengan mudah ditemukan di rerumputan liar, bahkan mungkin di kebun belakang rumah Anda.

Meski keberadaannya tidak terlalu menarik perhatian, putri malu ternyata menyimpan sejumlah potensi sebagai tumbuhan herbal untuk membantu mengatasi berbagai penyakit.

Ini karena putri malu memiliki sifat antibakteri, antivenom, antifertilitas, antikonvulsan, antidepresan, hingga afrodisiak.

Tak hanya itu, tanaman putri malu disebut-sebut juga memiliki sifat antidiabetik yang bermanfaat untuk para penderita diabetes. Dikutip dari Hellosehat.com, berikut ini ulasan lengkap tentang berbagai manfaat yang dimiliki tanaman Mimosa pudica untuk penyakit diabetes.

1. Menurunkan kadar gula darah

Putri malu sering kali digunakan sebagai obat alami untuk membantu mengatasi diabetes. Ini karena kemampuannya menurunkan kadar gula darah.

Sebuah studi yang dipublikasikan Jurnal Akademika Kimia pada 2017 menunjukkan adanya penurunan gula darah pada tikus yang sengaja dibuat agar mengalami diabetes.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Banyak Makan Tapi Tak Mau Gemuk? Coba Cara Mudah Ini

Senin, 27 September 2021 | 15:50 WIB

Zodiak Bisa Bantu Deteksi Masalah Kesehatan, Yuk Cek!

Senin, 27 September 2021 | 14:24 WIB

Bolehkah Orang Alergi Obat Disuntik Vaksin Covid-19?

Minggu, 26 September 2021 | 15:59 WIB

6 Pemicu Kolesterol Tinggi, Ini Cara Mencegahnya

Minggu, 26 September 2021 | 12:29 WIB

Amankah Ibu Penderita Covid-19 Beri ASI untuk Bayinya?

Minggu, 26 September 2021 | 09:00 WIB
X