Cara Cek dan Download PeduliLindungi. Sertifikat Vaksin

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 11:37 WIB
Cara Cek dan Download PeduliLindungi Sertifikat Vaksin
Cara Cek dan Download PeduliLindungi Sertifikat Vaksin

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sertifikat vaksin menjadi sesuatu yang penting saat ini, terutama untuk syarat perjalanan jauh. Lalu bagaimana cara cek dan download PeduliLindungi. sertifikat vaksin?

Covid-19 masih ada di sekitar kita. Bahkan kabarnya, varian terbarunya sudah masuk ke Indonesia. Keadaan yang semakin gencar ini memang sungguh memprihatinkan. Terlebih lonjakan kasus yang terjadi di bulan Juni hingga Juli 2021 lalu.

Dilansir dari covid19.go.id, data yang diunggah pada 2 Agustus 2021 kemarin menunjukkan bahwa di Indonesia yang terkonfirmasi positif berjumlah 3.462.800 jiwa, sembuh 2.842.345 jiwa, dan meninggal 97.291 jiwa dengan DKI Jakarta masih menduduki posisi pertama sebagai provinsi dengan kasus Covid-19 terbanyak. Di sisi lain, jumlah ini mengindikasikan bahwa terjadi penurunan sebesar 15.1% untuk kasus aktif dan kenaikan sebesar 82.1% untuk kasus sembuh.

Melihat situasi ini, berbagai upaya pun dilakukan oleh pemerintah untuk menekan penyebaran kasus Covid-19, mulai dari PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), penyuluhan mengenai Covid-19, hingga vaksinasi di seluruh daerah Indonesia.  Untuk vaksinasi sendiri, seluruh masyarakat Indonesia diwajibkan untuk menerima vaksinasi sebanyak 2 dosis dengan jenis vaksin yang beragam, mulai dari Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm, dan Moderna.

Dilansir dari vaksin.kemkes.go.id, berdasarkan data per tanggal 2 Agustus 2021 ini total vaksinasi dosis 1 baru mencapai 22.97%, sedangkan total vaksinasi dosis 2 baru mencapai 10.21%, yang mana masih membuktikan bahwa masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan vaksin Covid-19 ini. Hal ini sangat disayangkan karena masih jauh dari target yang diinginkan. Namun meskipun begitu jika dibandingkan dengan jumlah kasus yang kian menurun, tentu menjadi harapan yang baik baik masyarakat Indonesia untuk terus berusaha bersama dalam memerangi kasus Covid-19 ini.

Pedulilindungi Sertifikat Vaksin: Situs dan Aplikasi Khusus Data Vaksinasi di Indonesia

PeduliLindungi merupkan situs yang sudah terintegrasi dengan aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah Indonesia dalam melakukan pelacakan mengenai peta persebaran kasus juga vaksinasi yang sudah dilakukan untuk menghentikan penyebaran kasus Covid-19.

Situs ini memang mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling aktif dalam membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19 dapat dilakukan. Selain itu, pengguna yang sudah mengunduh aplikasinya juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah, sehingga pengguna akan jauh lebih berhati-hati.

Melalui PeduliLindungi juga, Anda bisa melakukan pembuatan akun untuk mendaftar vaksinasi, mencari fasilitas kesehatan di daerah sekitar, memeriksa hasil tes Covid-19, hingga mencetak sertifikat vaksin. Sertifikat vaksin ini tentunya bersifat rahasia dan hanya boleh diketahui sang pemiliknya karena data-data pribadi seseorang tersimpan di dalamnya.

Cara Cek dan Download Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi

PeduliLindungi sendiri terdiri dari situs dan juga aplikasi. Anda bisa mengecek dan mendownload sertifikat vaksinnya melalui keduanya. Perlu diingat bahwa sertifikat vaksin hanya bisa Anda download jika Anda sudah mendapatkan vaksin, baik dosis  pertama maupun ke-2.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Mengintip Selera Musik Psikopat, Apakah Sama denganmu?

Jumat, 24 September 2021 | 15:33 WIB

Sakit Dada Saat Bangun Tidur, Pertanda Penyakit Jantung?

Jumat, 24 September 2021 | 15:09 WIB

7 Penyebab Mulut Terasa Pahit, Jarang Disadari!

Jumat, 24 September 2021 | 11:06 WIB

Ramuan Herbal Diabetes, Bahannya Mudah Didapat!

Jumat, 24 September 2021 | 09:27 WIB

Beruban di Usia Muda, Apa Penyebabnya?

Jumat, 24 September 2021 | 08:43 WIB

Gejala PMS Dapat Terjadi pada Pria, Kok Bisa?

Kamis, 23 September 2021 | 16:45 WIB

Berat Badan Tak Berhasil Turun? 4 Hal Ini Penyebabnya

Kamis, 23 September 2021 | 12:47 WIB

Jangan Abaikan Migrain atau Sakit Kepala!

Kamis, 23 September 2021 | 08:30 WIB
X