Varian Baru Covid-19 Mulai Ditemukan di Indonesia, Kenali Gejala dan Risikonya!

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 08:22 WIB
[Ilustrasi] Varian Baru Covid-19 Mulai Ditemukan di Indonesia, Kenali Gejalanya!
[Ilustrasi] Varian Baru Covid-19 Mulai Ditemukan di Indonesia, Kenali Gejalanya!

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- COVID-19 varian Delta menyebabkan terjadinya lonjakan kasus yang signifikan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Varian yang satu ini memang terbukti lebih mudah menular dan menimbulkan gejala lebih parah dibanding jenis aslinya. Tak berhenti sampai di situ, kini ditemukan COVID-19 varian Delta Plus, yaitu varian Delta yang telah bermutasi lagi. Seperti apa risiko varian virus ini?

Apa itu varian Delta Plus COVID-19?
Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, virus penyebab COVID-19 telah bermutasi dan terbagi menjadi beberapa varian. Salah satunya adalah varian Delta.

Varian Delta atau B.1.617.2 pertama kali ditemukan di India pada awal tahun 2021. Berbeda dengan jenis virus aslinya, varian Delta jauh lebih menular dan mematikan.

Dalam waktu singkat, varian tersebut telah mendominasi jumlah kasus di India dan Inggris. Menurut CDC, pada akhir Juli 2021, sebanyak 80% kasus COVID-19 baru di seluruh dunia disebabkan oleh varian Delta.

Dr. F. Perry Wilson, ahli epidemiologi dari Yale Medicine, menyatakan bahwa varian Delta 50% lebih menular dibanding dengan varian asli COVID-19.

Hasil mutasi virus SARS-Cov-2 ini tidak berhenti sampai di situ saja. Pasalnya, penyebab COVID-19 varian Delta kini telah bermutasi dan membentuk sebuah varian baru, yaitu varian Delta Plus.

Varian Delta Plus, yang disebut juga dengan B.1.617.2.1 atau AY.1, pertama kali ditemukan di India pada bulan April 2021.

Gejala yang ditimbulkan oleh varian baru ini tidak berbeda jauh dengan gejala COVID-19 varian sebelumnya.

Dikutip dari Hellosehat.com, Organisasi kesehatan dunia (WHO) telah menggolongkan varian Delta Plus sebagai varian yang perlu mendapat perhatian lebih (variants of concern atau VOC).

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

X