Makanan Ini Taklukan Kolesterol hingga Diabetes, Murah dan Mudah Diolah!

- Senin, 2 Agustus 2021 | 13:29 WIB
Sebagai salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia, sagu memang memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Jadi jangan heran jika manfaat sagu untuk kesehatan pun sangat berlimpah.
Sebagai salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia, sagu memang memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Jadi jangan heran jika manfaat sagu untuk kesehatan pun sangat berlimpah.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Hingga saat ini, sekitar 30% masyarakat Maluku dan Papua masih menggunakan sagu sebagai makanan pokok dalam menu makanan sehari-hari. Anda bisa mengolah sagu ke dalam berbagai macam bentuk, mulai dari tepung, gula, bahkan beras sagu. Sebagai salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia, sagu memang memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Jadi jangan heran jika manfaat sagu untuk kesehatan pun sangat berlimpah. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Kandungan nutrisi dalam sagu
Kandungan nutrisi terbanyak dalam sagu adalah karbohidrat murni. Karbohidrat ini masuk dalam kategori makronutrien yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak untuk bahan energi dan fungsi otak. Sebagai tolak ukur, dalam 100 gram sagu terdapat:

  • Energi: 355 kkal
  • Protein: 0.6 gram
  • Lemak: 1.1 gram
  • Karbohidrat: 85.6 gram
  • Serat: 0.3 gram
  • Kalsium: 91 miligram (mg)
  • Fosfor: 167 mg
  • Zat besi: 2.2 mg

Sagu memang tidak banyak memiliki kandungan vitamin dan mineral, tetapi Anda masih bisa menemukan sedikit kandungan keduanya dalam sagu. Selain itu, walaupun sagu tergolong bukan makanan yang rendah kalori dan sumber protein dan serat yang baik, kandungan lemak jenuh pada sagu terbilang sangat sedikit.

Nah, hal ini membuktikan, jika dilihat secara keseluruhan, kandungan nutrisi dalam sagu masih tergolong relatif lengkap walaupun jumlahnya tidak banyak.

Manfaat sagu untuk kesehatan
Setelah mengetahui kandungan nutrisi dalam sagu, dikutip dari Hellosehat.com, berikut beberapa manfaat sagu untuk kesehatan yang harus Anda ketahui.

1. Memberikan banyak energi
Kandungan karbohidrat dalam jumlah banyak di dalam sagu bisa menjadi alternatif yang sangat baik sebagai suplemen alami penambah energi dalam tubuh. Sebagai contoh, tubuh Anda membutuhkan banyak energi untuk relaksasi setelah melakukan olahraga yang berat.

Nah, sagu ini memiliki manfaat untuk membantu Anda mengisi kembali energi yang hilang. Bahkan, sagu dapat meningkatkan produksi glukosamin alami dalam tubuh yang dapat memperbaiki keseluruhan pergerakan sendi dan pemulihan di sekitarnya. Oleh karena itu, sagu dapat menjadi pilihan makanan untuk atlet atau orang yang aktif secara fisik.

2. Mencegah penyakit jantung
Kadar kolesterol tinggi dan trigliserida merupakan dua faktor risiko dari penyakit jantung. Jika dibandingkan dengan tepung tapioka, sagu dapat membantu mempertahankan kadar kolesterol dan trigliserida dalam batas wajar dalam darah. Oleh sebab itu, mengonsumsi sagu dapat membantu Anda mencegah penyakit jantung.

Pasalnya, sagu memiliki kandungan amilose, sejenis pati dengan rantai glukosa yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Hal ini membuat rantai glukosa melepas gula ke dalam tubuh dengan jumlah yang lebih terkontrol. Dengan begitu, kadar kolesterol dan trigliserida terjaga tetap normal.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Banyak Makan Tapi Tak Mau Gemuk? Coba Cara Mudah Ini

Senin, 27 September 2021 | 15:50 WIB

Zodiak Bisa Bantu Deteksi Masalah Kesehatan, Yuk Cek!

Senin, 27 September 2021 | 14:24 WIB

Bolehkah Orang Alergi Obat Disuntik Vaksin Covid-19?

Minggu, 26 September 2021 | 15:59 WIB

6 Pemicu Kolesterol Tinggi, Ini Cara Mencegahnya

Minggu, 26 September 2021 | 12:29 WIB

Amankah Ibu Penderita Covid-19 Beri ASI untuk Bayinya?

Minggu, 26 September 2021 | 09:00 WIB

Mengintip Selera Musik Psikopat, Apakah Sama denganmu?

Jumat, 24 September 2021 | 15:33 WIB

Sakit Dada Saat Bangun Tidur, Pertanda Penyakit Jantung?

Jumat, 24 September 2021 | 15:09 WIB
X